Dapat Ilmu Bisnis Berharga Dari Orang Sukses

Dapat Ilmu Bisnis Berharga Dari Orang Sukses

Beberapa bulan lalu saya termasuk orang yang beruntung ketika bertemu dan berbicara sangat lama dengan seorang bapak yang sukses dalam usahanya menurut saya. Kita berdua baru saling kenal ketika berada dalam sebuah kapal dengan tujuan perjalanan yang sama. Kejadian ini terjadi sekitar beberapa bulan. Saat itu saya sedang melakukan perjalanan ke sebuah desa di bagian timur Indonesia.

Tapat malam hari di bagian depan kapal dek dua, saya duduk bersama seorang bapak yang belum terlalu tua. Kebiasaan kami sebagai anak pesisir, ketika telah duduk bersama pasti saling tegur sapa untuk memulai obrolan. Hal itu menjadi naluri sebab perjalanan yang memakan waktu semalam mengharuskan kita untuk membuat aktivitas kecil selama dalam perjalanan, salah satunya yaitu berbicara banyak hal bersama orang-orang sesama penumpang.

Lihat juga : Kembali Mudik ke Kampung Halaman Setelah 3 Tahun

Berawal dari saling tegur sapa dengan bapak itu dan mulai banyak saling berbicara. Banyak sekali pengalaman hidup bapak yang diceritakan terutama terkait dengan sepak terjang usaha-usaha yang dibagun bersama keluarga. Memulai usaha dari dunia pertanian, pertambangan, hingga ke jualan rumahan milik bapak itu, sebuat saja pak Amin

Hal menarik dalam kisah dan pengalaman pak Amin yang saya garis bawahi adalah berjualan kue moleng dan es cendol. Tahukan anda dengan kue molen ? kue molen adalah kue yang berbahan dasar pisang dan dibungkuns dengan adonan terigu kemudian digoreng, lebih lengkapnya dapat anda lihat di mbah google hehe sedang es cendol saya yakin semua pasti tahu.

Pak Amin aslinya bukan orang Jawa, hanya saja dia menikah dengan orang Jawa sehingga dialek dan bahasa Jawanya juga terdengar sama seperti orang-orang yang berasal dari Jawa. Dia memulai usaha jualan kue molen dan es cendol menggunakan sepeda dan sebagian dijual di rumah yang dikelola oleh istri dan anaknya. Pak Amin memulai usaha dari nol, memilih hijrah ke desa lain karena terjadi konflik antara suku di desa asal dia dan kelurga tinggal sebelumnya.Modal pas-pasan, dia mulai berjualan dengan sepeda.

Modal utama kata pak Amin adalah sabar dan kerja keras, jika sudah memiliki kedua sikap itu maka Insya Allah kedepannya akan baik dalam usaha. Tempat tinggal baru, usaha baru di lingkungan yang baru. Pak Amin mulai berjualan selama beberapa bulan hingga tahun. Perlahan-lahan usahanya mulai berkembang, kios di rumahnya semakin diperluas. Bukan hanya es cendol dan pisang molen tapi kini mulai menjual sembako dan apa saja yang bisa diperjual belikan.

Lama berjualan kue pisang dan es cendol, Pak Amin terkenal di seluruh desa dengan ciri khas pisang molen dan es cendolnya, ketika sebut pak Amin pasti orang yang mendengarnya namanya menjawab pak Amin penjual es cendol.

Ilmu Bisnis yang Saya Dapat

Pada percapakapan ini, pesan bisnis yang saya ambil selama pembicaraan ini, yaitu apapun usaha yang kita bangun, kita harus memiliki ciri khas usaha atau brend. Meskipun banyak usaha yang digeluti tetap saja harus memiliki ciri khas usaha sehingga para pelanggan dan calon pelanggan mudah dan banyak mengenal kita.

Lihat juga : 101 Kata Bijak Motivasi Bisnis Dari 10 Tokoh Pengusaha Sukses Indonesia Termasuk Sandiaga Uno

Lanjut pembicaraan...

Pak Amin sekilas memang terlihat mendominasi obrolan kita malam itu, memang itu lebih baik sebab saya yang sangat membutuhkan saran, nasehat dan pelajaran berharga (pengalaman dari pak Amin). Pak Amin terkenal dengan es cendol, pesan pak Amin malam itu adalah sebagai pengusaha yang telah memiliki ciri khas usaha, kita harus konsisten dengan apa yang kita jual (ciri khas).

" Saya setiap hari membuat es cendol, jika tidak habis saya buang dan besoknya bikin lagi. Jika pada musim hujan orang tidak menjual es cendol saya tetap jual, tidak habis buang, besok bikin lagi"

Saya belum bisa memahami apa yang disampaikan oleh pak Amin malam itu, tapi sebagai pendengar yang bijak saya tidak langsung bertanya dan biarkan saja pak Amin terus menikmati apa yang dia sampaiakan.

Saya Mulai Bertanya

Kenapa musim hujan pak Amin tetap jual es cendol padahalkan yang saya ketahui orang malas jualan es ketika hujan ?

" Bukan tentang hujannya tapi tentang konsisten bersama ciri khas usaha kita, musim hujan bukan berarti tidak ada pembeli es cendol tapi sedikit pembeli. Nah, menjaga ciri khas saya selalu bikin es cendol agar ketika pelanggan datang mencarinya es selalu ada. kita sukses karena banyak pelanggan jaga hati dan kesenangan mereka untuk selalu nyaman bersama kita"

Wow, saya tercerahkan dengan jawaban dan ilmu bisnis dari pak Amin. Perlu anda ketahui pak Amin hanya lulusan Sekolah Dasar (SD), jika tingkat pendidikan seperti itu pak Amin bisa sukses kenapa kita yang berpendidikan tinggi tidak bisa ! harus bisa !.

Lihat juga : Menikmati Matahari Terbit (Sunrise) di Tengah Laut

Saat bertemu dalam perjalanan ini, pak Amin baru saja membeli beberapa perlengkapan elektronik untuk semakin mengembangkan usahanya. Apa yang dibeli ? 2 buah kulkas. Sebelum membeli kulkas dia baru saja selesai menemani anaknya yang barusan lulus sebagai TNI Angkatan Darat. Apak Amin orang sukses bagi saya dan saya beruntung dapat belajar dari pengalaman hidupnya. Makasih banyak pak, sehat selalu, panjang umur dan usahanya selalu berkembang hingga anak cucu.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar