Cara Paling Gampang Mengetahui Kecepatan Blog Ketika Di Akses Oleh Google

Cara Paling Gampang Mengetahui Kecepatan Blog Ketika Di Akses Oleh Google

Cara untuk mengecek kecepatan blog dengan menggunakan google speed ini merupakan tutorial blog untuk blogger pemula seperti saya sebab cara ini sudah terbilang cukup lama ada. Bagi blogger pemula yamg baru memulai membangun blog butuh banyak pengetahuan tentang blog mulai dari yang mendasar sampai mahir.

Melakukan pengecekan kecepatan blog bertujuan agar kita mengetahui apakah blog milik kita loadingnya cepat atau lambat. Hal dapat juga mempengaruhi persaingan di mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan lain-lain.

Ibarat sebuah mobil yang sangat cepat, dapat mengalahkan banyak mobil yang lambat. Blog yang cepat dan postingan yang unik serat menarik maka berkemungkinan dapat bersaing dengan blog-blog lainnya pada halaman pertama google.

Lihat juga : Cara Cek Kecepatan Loading Template Blog dengan Mudah di Gtmetrix

Google speed atau page speed ​​insights akan melaporkan tampilan kecepatan halaman blog atau web untuk perangkat seluler (HP) dan desktop (laptop) serta akan juga terdapat bebarapa saran yang diberikan untuk memperbaikinya.

Sebagai contoh ini adalah pengecekan blog saya ini :


Warna hijau menandakan kecepatan blog baik, warna kuning berarti sedang dan warna merah berarti tidak baik atau sangat lambat.

Penilaian baik dengan warna hijau biasanya pada kisaran angka 80 - 100 sedangkan warna kuning dan merah berada pada kecepatan blog dengan angka 80 - 0.

Cara Cek Kecepatan Blog

Masuk ke alamat page speed ​​insights dan tulis alamat blog anda kemudian klik analisis dan lihat hasilnya.

Itulah kenapa saya katakan cara paling gampang hehe.

Tips meningkatkan kecepatan blog

Gambar hasil analisi tanpa tips sama dengan hoax hehe, itulah istilah yang biasa kita dengar pada grup-grup blogger di media sosial.

1. Jangan pasang banyak widget

Tips pertama dari saya yaitu jangan belebihan memasang widget pada blog. Masukkan widget blog yang menurut anda penting, itu lebih baik. Sebagai contoh, perhatikan saja blog saya ini.

Widget yang penting bagi saya yaitu, postingan populer, postingan terbaru dan arsip blog. Widget-widget blog yang saya sebutkan itu merupakan navigasi terbaik agar pengunjung dapat berlama-lama di blog dengan melihat banyak judul postingan yang terpajang.

Namun, terserah anda jika mau menambahkan widget, intinya ketika warna blog anda kuning atau merah berarti perlu perbaikan tampilan blog. Namun, jika hijau berarti baik-baik saja.

2. Jumlah postingan pada laman beranda

Bagi saya laman beranda blog cukup 5 sampai 7 jumlah postingan. 5 adalah cara saya, sedangkan 7 merupakaan bawaan blogspot. Pada blog ini saya hanya membuat 5 postingan di bernada/home.

3. Kapasitas gambar postingan

Perhatikan kapasitas gambar ketika membuat postingan, jangan terlalu besar kapasitasnya, apalagi sampai kategori MB. Ada banyak cara mengedit gambar yang berkualitas baik dengan kapasitas yang minimal, silahkan dipelajari. Saya pribadi selalu mengedit gambar dengan kapasitas KB dan bukan MB.

Lihat juga :

Cara Mengurangi Kapasitas Gambar dengan Tool Paint

Cara Mudah Mengurangi Kapasitas Ukuran Pas Foto Menggunakan Photoshop di Mana Saja

Itulah 3 tips dari saya tentang cara membuat blog menjadi cepat dan cara mengeceknya di google. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar