5 Cara Mudah Mengatasi Layar Sentuh yang Tidak Merespon Pada Perangkat

5 Cara Mudah Mengatasi Layar Sentuh yang Tidak Merespon Pada Perangkat

Layar sentuh pada android atau Iphone akan sangat membantu ketika bekerja dengan baik saat digunakan sehingga pengguna pun tentunya akan senang. Hal lain akan dialami ketika layar sentuh bermasalah hingga tidak bekerja, semua kemudahan tadi menjadi hilang dan yang dialami yaitu rasa frustasi dengan keadaan tersebut. Akan sangat bermasalah juga misalnya perangkat yang digunakan hanya dapat dioperasikan hanya dengan layar sentuh itu sendiri, wow ! kita seakan hanya memegang android atau Iphone mewah tanpa dapat menggunakannya.

Meskipun dalam beberapa kasus layar sentuh yang bermasalah memerlukan perawatan pada ahlinya, namun sebelumnya itu juga anda dapat mengatasinya dengan cara-cara yang sederhana dalam memperbaiki layar sentuh yang rusak secara tiba-tiba saat dipakai.

Lihat juga : 9 Cara Agar HP Android Semakin Ringan dan Cepat Loading

Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Merespon  :

1. Bersihkan layar dengan kain bersih, kering dan tidak berbulu

Layar sentuh yang kotor atau basah tidak dapat bekerja dengan baik ketika digunakan, oleh karena itu segera berseihkan jika terlihat kotor pada layar perangkat anda. Bersihkan dengan baik benar yaitu menggunakan kain yang kering dan bersih serta dianjurkan yang tidak berbulu sehingga permukaan kain dapat mengenai sepenuhmya dengan baik layar yang kotor atau basah.

2. Restart ulang peangkat android atau Iphone

Terkadang perangkat android atau iphone yang digunakan mengalami overload dengan banyak perangkat yang diaktifkan dan digunakan secara bersamaan. Nah, hal ini juga dapat mempengaruhi minimnya respon layar ketika disentuh. Maka cobalah untuk restart ulang perangkat, tapi sebelumnya keluarkan dulu semua aplikasi yang sedang terbuka.

3. Pastikan batrei perangkat anda penuh atau cukup

Betrai yang lowbet pada perangkat yang digunakan juga dapat mempengaruhi tidak meresponya layar sentuh pada perangkat sebab perangkat cerdas seperti android dan iphone memang dirancang untuk mengurangi daya pemakain secara otomatis ketika batrei lemah. Perhatikan saja sebagian aplikasi di Android seperti whatsapp yang ketika batrei perangkat lemah, kita dapat mengetahui pesan masuk dengan cara harus membuka aplikasinya.

4. Pastingan tangan bersih dan kering

Selain layar sentuh yang mungkin kotor atau basah, perhatikan juga tangan dan jari-jari tidak kotor dan basah saat kita mengaplikasikan perangkat yang digunakan. Bersihakan juga tangan anda secara bersamaan dengan membersihkan layar sentuh dengan kain halus yang kering.

5. Cabut sambungan-sambungan lain yang sedang terhubung, misalnya kabel USB

Hal ini berhubungan dengan kapasitas kerja perangkat, banyak kabel atau perangkat lain yang terhubung dan ditambah lagi banyak aplikasi yang sedang terbuka untuk digunakan, hal ini dapat menyebabkan layar sentuh tidak merespon seketika. Cabut semua kabel-kabel yang terhubung dan muat ulang perangkat anda.

6. Lepaskan kartu SIM,Memori dan Batrei

Jika beberapa cara untuk mengatasi layar sentuh yang tidak bekerja seperti di atas belum dapat mengatasi masalah tersebut. Langkah mudah yang dapat dilakukan juga yaitu, melepaskan kartu memori, SIM dan batrei dari perangkat dan biarkan beberapa menit kemudian pasang lagi seperti semula.

Lihat juga : Cara Menggunakan WhatsApp melalui Komputer Tanpa Ribet

Tips dalam memperbaik layar sentuh yang tidak bekerja di atas merupakan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sebelum kita membawa perangkat android atau Iphone ke ahlinya service untuk diperbaiki. Ketika hal-hal di atas tidak berhasil setelah dijalankan, maka saya anjurkan bawalah perangkat yang bermasalah ke tempat perbaikan atau jika ada service center, langsung saja. Dari pada anda mengutak-atik perangkat yang anda sendiri masih bingung, bukan solusi yang didapat malah perangkat semakin parah untuk digunakan. Semoga cara mudah mengatasi layar sentuh yang bermasalah di atas bermanfaat dan berhasil ketika lakukan, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar