Cara Mudah Melaporkan Akun Facebook Palsu yang Menyamar

Cara Mudah Melaporkan Akun Facebook Palsu yang Menyamar

Pengguna facebook saat ini banyak dikagetkan dengan munculnya akun-akun facebook palsu. Akun palsu atau akun yang menyamar biasanya dibuat atau dihack (ambil alih) oleh orang-orang tak bertanggung jawab dan menggunakan untuk tindakan buruk. Misalnya anda melihat ada akun facebook yang mirip dengan anda atau teman anda, mulai dari foto profil dan semua keterangan yang tercantum sama persis.

Lebih buruk yang lagi yang terjadi saat ini yaitu akun kita dibobol dan digunakan untuk meminta uang atau apa saja ke orang-orang terdekat kita seperti teman, kaka, adik dan saudara. Mungkin anda atau teman-teman anda pernah mengalaminya dan tidak sedikit juga yang berhasil dikelabuhi dengan akun-akun facebook palsu ini.

Beberapa orang teman saya pernah mengalami kejadian buruk dengan akun palsu, facebook mereka dibobol oleh orang tak dikenal kemudian orang tersebut meminta uang dan pulsa ke kerabat dekat, pernah juga ada yang membuat postingan-postingan berbau porn*grafi. Akun facebook palsu ini sangat meresahkan pengguna facebook saat ini.

Lihat juga : Cara Membatasi Teman Agar Tidak Melihat Postingan di Facebook dengan Fitur Dibatasi

Jika anda atau teman anda mengalami kejadian seperti di atas dapat langsung melaporkannya ke pihak facebook agar segera dinonaktifkan akun palsu tersebut sebelum dia beraksi dalam hal-hal buruk. Dapat juga kita membantu ketika kita melihat teman yang akunnya diambil alih oleh orang lain.

Cara Melaporkan Akun Facebook yang Menyamar

Untuk dapat melaporkan akun palsu, anda terlebih dahulu login masuk ke akun facebook anda. Bagaiman jika akun anda telah dibobol dan diambil alih ? anda dapat meminta tolong kepada teman atau orang-orang terdekat anda dengan melaporkan melalui akun facebook mereka.

1. Buka akun facebook anda atau teman anda

2. Buka profil akun orang yang menyamar

3. Klik disamping foto profil akun palsu, tanda titik (...) dan pilih laporkan

4. Kemudian ikuti petunjuk dari pihak facebook yang muncul pada layar hingga selesai

Apabila dalam suatu kondisi dimana anda tidak lagi memiliki akun facebook sama sekali maka dapat dilakukan pelaporan dengan mengisi formulir berikut silahkan isi formulir ini dan berikan keterangan apa situasi yang anda alami, apakah ada orang yang menggunakan alamat email anda di akun miliknya, ada yang membuat akun untuk bisnis atau organisasi anda atau seseorang yang membuat akun yang berpura-pura menjadi anda atau teman anda.

Lihat juga : Cara Memblokir Seseorang di Facebook Melalui Komputer dan HP (Seluler)

Cara di atas adalah solusi untuk melaporkan akun palsu profil facebook. Berbeda dengan melaporkan laman facebook palsu. Untuk melaporkan laman facebook palsu isi formulir ini

Disarankan untuk segera melaporkan akun palsu yang berhubungan dengan anda setelah diselidiki dengan benar, hal ini demi mencegah sebelum akun palsu tersebut bertindak sesuka hatinya dan ujung-ujung semua orang akan mengira bahwa itu adalah anda. Jadilah pengguna facebook yang baik demi menciptakan tindakan sosial yang bersahabat.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar