Cara Mudah Melakukan Pengaturan Rekam Jejak (Tracking) pada GPS Apa Saja

Cara Mudah Melakukan Pengaturan Rekam Jejak (Tracking) pada GPS Apa Saja

Di negara-negara maju saat ini, orang-orang sudah terbiasa dengan menggunakan GPS sebagai alat navigasi atau penunjuk arah. Mobil dan kendaraan mewah mereka juga sudah dilengkapi dengan alat navigasi ini dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

GPS juga sudah sangat terkenal di Indonesia, bukan hanya kalangan militer atau pemerintahan terkait tapi sudah sampai ke masyarakat pada umumnya dan kini dengan perkembangan handphone yang semakin moderen, GPS bahkan sudah dapat kita gunakan pada HP kita yang berbasis Android.


Namun pada postingan ini, saya fokus membahas GPS sebagai alat yang sering digunakan pada perjalanan di mana saja, bukan GPS berbasis HP. Banyak sekali tipe-tipe GPS jika yang ada dan sering digunakan sesuai kenyamanan pengguna masing-masing.

Pengalaman saya pertama menggunakan GPS yaitu ketika menjadi mahasiswa semester 3, ketika dilibatkan dalam kegiatan salah seorang doses pada perusahaan yang berada di dalam hutan. Awalnya bingung melihatnya, sekilas terlihat seperti HP, yang hebatnya alat penunjuk arah ini menurut saya yaitu dia menggunakan jaringan satelit. Dimana saja, kapan saja selama masih berada di bumi ini anda dapat terkoneksi dengan satelit. Walaupun dalam kondisi tertentu hilang koneksi satelit seperti berada di dalam hutan yang lebat atau dalam goa dan bangunan.

Cara Melakukan Pengaturan GPS untuk Merekam Jejak

Salah satu kegunaan GPS dan yang banyak digunakan yaitu merekam jejak perjalanan kita dimana saja yang sering juga disebut Tracking. Melakukan perekaman jejak berguna agar anda mengetahui rute atau perjalanan anda ketika hasil rekaman jejak tersebut di masukan ke dalam aplikasi Arcgis guna dibuat peta lokasi. Perekaman jejak harus di kombinasikan dengan pengambilan titik koordinat pada tanda-tanda tertentu sebagai tanda alam yang dapat dijadikan patokan saat melakukan perjalanan yang sama di lokasi tersebut. Contoh ketika melakukan tracking, ada pohon besar di pertigaan jalan, ambilah titik koordinat sebagai tanda pertigaan jalan atau keadaan alam yang anda pikir layak dijadikan batas alam.


Gampang melakukan pengaturan pada GPS untuk merekam jejak perjalanan kita, hal ini berlaku pada semua tipe GPS sebab tracking menurut saya merupakan perihal yang umum ada di semua tipe GPS. Karena cara ini berlaku untuk semua, maka saya tidak mencantumkan tipe GPS apa pun :

1. Masuk ke pengaturan

Pada tipe GPS apa saja, pasti memiliki menu pengaturan, silahkan masuk ke menu pengaturan GPS

2. Cari sub Menu Rekam jejak

Setelah anda masuk ke menu pengaturan,  selanjutnya perhatikan sub menu rekam jejak atau kata sejenisnya seperti tracking, merekam jejak dan lain-lain. Pilih sub menu tersebut dan aktifkan (on). Lakukan pengaturan lanjutan seperti menyimpan jejak otomatis atau manual, perhari atau perjam. 

Intinya ketika anda sudah berada pada sub menu pengaturan rekam jejak maka anda dapat berkreasi dalam melakukan pengaturan tersebut.


Apakah anda memiliki GPS di ruma atau saat ini sedang anda pegang ? cobalah sekarang untuk melakukan pengaturan tracking. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat postingan ini, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar