Cara Menyimpan Video Milik Sendiri dan Orang Lain Dari Instagram

Cara Menyimpan Video Milik Sendiri dan Orang Lain Dari Instagram

Meskipun instagram lebih terkenal dengan media sosial yang banyak digunakan oleh penggunanya untuk berbagi foto. Namun, tetap saja ada juga video-video yang banyak dibagikan melalui media sosial yang semakin populer saat ini selain youtube  dan facebook. Pada situasi tertentu anda mungkin ingin mendownload video yang menarik atau penting bagi anda yang kemudian menyimpannya di komputer atau perangkat seluler yang nanti dapat ditonton kapan saja serta di mana saja secara offline.

Jika anda masih belum mengetahui bagaimana cara mendownload dan menyimpan video dari instagram, baik itu video anda sendiri atau video orang lain maka silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Cara Menyimpan Video Anda Sendiri Dari Instagram
  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Buka cerita atau video yang ingin anda simpan.
  3. Klik tombol menu yang sesuai , yang terletak di sudut kanan bawah dan diwakili oleh tiga titik.
  4. Saat menu pop-up muncul, klik Simpan atau Simpan Foto / Video . 
  5. Bagi Pengguna iOS juga dapat mengetuk Save Story , yang memungkinkan anda untuk menyimpan seluruh isi cerita sebagai satu file video.
Cara Menyimpan Video Instagram Orang Lain

Bukan hanya menyimpan video anda sendiri dari instagram tapi anda juga dapat menyimpan video orang lain. Itulah salah satu manfaat media sosial, dapat berbagi video-video antara sesama pengguna instagram. Banyak video-video yang menarik di instagram seperti video pemandangan alam, tempat wisata atau video tutorial yang dibagikan oleh orang lain. 


Bagi Mac atau Komputer/laptop, menyimpan video yang dibagikan oleh orang lain ini dapat dilakukan melalui Instagram versi web di pencarian google, sementara untuk pengguna Android dan iOS harus menggunakan aplikasi pihak ketiga atau solusi lain yang dijelaskan di bawah ini.

Cara Menyimpan Video Dari Instagram ke Komputer 
  1. Buka browser web melalui pencarian google dan arahkan ke halaman yang berisi video Instagram yang ingin anda simpan. 
  2. Klik kanan di mana saja pada halaman di luar posting video itu sendiri. 
  3. Ketika menu muncul, pilih Lihat Sumber Halaman atau Periksa Elemen . Catatan : Pilihan ini terkadang berbeda berdasarkan browser yang digunakan tapi prinsipnya sama yaitu periksa elemen (inpeksi)
  4. Tab baru muncul, menampilkan kode sumber untuk seluruh halaman. tekan Ctrl + F kemudian ketik di kolom pencarian mp4
  5. Copy link video seperti terlihat pada gambar di atas dan buka (paste) pada tab baru
  6. Video akan segera dimuat pada tab baru tadi
  7. Klik kanan pada video dan pilih simpan sebagai
  8. Tentukan lokasi penyimpanan video di komputer anda dan jangan beri nama pada video
Cara Menyimpan Video Dari Instagram ke Ponsel atau Tablet :

Pengguna Android dan iOS dapat dapat menyimpan video Instagram pengguna lain  tetapi harus melakukannya melalui aplikasi pihak ketiga. Sayangnya, sebagian besar aplikasi ini tidak memenuhi syarat seperti yang dijanjikan dan banyak yang bahkan digabungkan dengan aplikasi-aplikasi atau perangkat lunak yang tidak diinginkan.

Lihat juga : Cara Mudah dan Cepat Memblokir Seseorang di Instagram (IG) Melalui HP dan Website

Jika anda ingin menyimpan video ke handphone atau tablet anda, saya sarankan menyimpannya ke komputer atau laptop seperti cara di atas. Setelah tersimpan di komputer, barulah di salin ke ponsel dan tablet anda. Ha ini dilakukan demi menjaga keamanan perangkat lunak di perangkat yang yang kemungkinan bermasalah ketika menggunakan perangkat lunak pihak ketiga. Tapi jika anda tidak keberatan untuk menggunakan aplikasi piak ketiga, silahkan saja, semua demi kenyaman anda dalam menggunakan instagram sebagai media sosial.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar