Cara Membentuk Pikiran Positif Dari Sudut Pandang Positif

Cara Membentuk Pikiran Positif Dari Sudut Pandang Positif

Cara paling mudah yang ingin saya sampaikan disini yaitu untuk berpikir positif kita hanya perlu memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang positif.  Apakah sulit membangun pikiran positif ? tidak ! bagi mereka yang telah terbiasa tapi yang belum terbiasa akan sedikit merasa sulit.

Kenapa harus berpikir positif ?

Agar kita tidak mudah berburuk sangka terhadap segala sesuatu yang terjadi dalam hidup dan kehidupan yang dijalani. Agar kita tidak mudah menghakimi orang lain salah sebelum terbukti kesalahannya. Dengan membangun pola pikir negatif pada diri kita, hati kita lebih tenang dan semakin mempermudah dalam proses belajar tentang keikhlasan.

Lihat juga : Kesesatan Berpikir Karena Gagal Memahami Ambiguitas Kalimat

Segala sesuatu akan baik jika diawali dengan pandangan positif. Misalnya ada seorang teman yang berbohong kepada kita tanpa kita sadari, kemudian ada teman lain yang memberitahukan bahwa dia berbohong. Ketika anda hanya melihat sudut pandang negatifnya maka seketika amarah anda akan memuncak, hati mulai galau dan pikiran mulai makin negatif. Tapi ketika kita melihatnya dari sudut pandang yang positif, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu kebenaran, apakah benar teman kita berbohong ? jika ya ? apa alasan dia hingga berbohong ? maka disitu kita dapat lebih bijak dengan pikiran yang tenang serta jauh dari prasangka buruk.

Berlatih untuk terbiasa berpikir positif dapat merangsang kita untuk tetap tenang dan mampu mengendalikan segala bentuk emosi (marah, sedih dan bahagia). Ada seseorang teman dahulu yang sulit sekali mengendalikan emosi pada dirinya, setelah diselidiki karakter dalam keseharian, dia memang cenderung memandang segala sesuatu dari sudut pandang negatif. Mulailah kita sama-sama belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik dalam sikap dan tingkah laku. 

Apa yang kita lakukan untuk melatih diri selalu berpikir positif ?

Membaca buku-buku yang banyak membahas tentang cara berbikir positif, setelah banyak membaca kita mulai berdiskusi untuk semakin menambah pemahaman dan hal terpenting yang dilakukan adalah menjalankan pemahaman kita dalam kehidupan sehari-hari hingga menjadi kebiasaan.

Kebiasaan suatu tindakan adalah tingkah laku yang telah terprogram pada diri kita dengan sendirinya sehingga tanpa kita sadari telah bertindak seperti demikian. Akan semakin baik jika kebiasaan berpikir postif mulai menjadi kebiasaan diri. Selain membaca buku-buku tentang cara berpikir positif, perlu juga buku-buku yang berhubungan erat seperti kecerdasan emosional dan melatih sikap sabar.


Kita jangan pernah pesimis dengan karakter bawaan kita sebab karakter tidak pernah salah tapi akan salah jika kita tidak mampu menjalankan karakter itu kearah yang lebih baik. Karakter terbentuk dalam dua hal yaitu karakter gen dan lingkungan. Ketika sifat bawaan seseorang yang emosional bukan berarti tidak dapat dirubah menjadi baik. Semua dapat dilakukan dengan belajar dan biasakan bersikap baik meskipun karakter asli tidak akan pernah hilang, terpenting disini yaitu sebuah kemampuan untuk mengendalikan menjadi baik.

Jangan pesimis, mulailah belajar, berdiskusi dan melatih diri untuk terbiasa berpikir positif dalam kehidupan ini, sehingga kita menjadi manusia yang mampu mengendalikan segala sesuatu tanpa harus melahirkan masalah di atas masalah.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar