3 Cara Cepat Menghasilkan Uang Setelah Baru Wisuda Sarjana

3 Cara Cepat Menghasilkan Uang Setelah Baru Wisuda Sarjana

Masalah yang berat itu bukan berada di tahap akhir semester sebagai mahasiswa dengan menyusun skripsi tapi yang berat itu sebenarnya dunia setelah wisuda atau sarjana. Ketika anda masih berstatus sebagai mahasiswa, sebagian orang akan merasa aman dan nyaman karena setiap bulan mendapatkan jatah kiriman biaya hidup dan kuliah meskipun ada juga sebagian mahasiswa yang membiayai kuliahnya sendiri dengan bekerja sambil kuliah.

Bagi yang setiap bulan memperoleh biaya, tanpa disadari kalian itu seperti pegawai kantoran atau karyawan yang setiap bulan digaji. Wajar saja, toh anda masih dalam tanggungjawab keluarga selama menempuh pendidikan di kampus. Pernahkah anda berpikir sejenak bahwa hal itu tidak akan berlangsung selamanya ?. Setelah anda wisuda dan memperoleh gelar sarjana, maka anda akan diharuskan untuk mandiri, mencari nafkah sendiri untuk membiayai hidup, tanggungjawab keluarga mulai berakhir secara perlahan dalam masalah pemenuhan biaya hidup.

Saat itulah anda akan berpikir, ternyata yang sulit iu bukan ujian sarjana tapi setelah sarjana haha.
Anda akan mulai merasa malu ketika teman sarjana anda mulai bekerja dan berpenghasilan dalam jangka waktu cepat setelah wisuda. Cepat atau lambat anda juga pasti akan dapatkan pekerjaan, semua itu hanya masalah waktu dan proses yang berbeda.

Lihat juga : 6 Cara Mendapatkan Uang Melalui Internet Hanya Modal Wifi dan Paket Data Internet

Tapi, ada tips-tips yang dapat anda lakukan untuk memperoleh penghasilan saat baru menjadi seorang sarjana atau sambil menunggu anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan :

1. Mendampingi Mahasiswa Semester Akhir

Hal pertama yang dapat anda lakukan sebagai solusi keuangan ketika baru memperoleh gelar sarjana yaitu mendampingi mahasiswa semester akhir yang masih sejurusan dengan anda. Biasanya mahasiswa semester akhir yang akan mulai membuat proposal penelitian hingga turun penelitian dan membuat hasil dalam bentuk skripsi butuh pendampingan. Kan ada dosen pembimbing ? iya tapi ada dosen pembimbing akan lebih cenderung konsultasi saat di kampus.

Di luar kampus dan di mana saja mereka butuh sosok senior atau orang yang baru selesai melakukan penelitian mahasiswa pada jurusan yang sama.

Lihat juga : Sarjana Gadungan

Peluang ini anda dapat menawarkan jasa pendampingan, terus terang saja, toh selama itu halal kenapa tidak hehe. Jadi, selama dia butuh saran, solusi atau teman turun ke lapangan untuk pengambilan data, anda dapat mendampinginya. Bahkan hingga dalam penyusunan skripsi atau hasil penelitian. Ingat ! mendampingi berbeda dengan membuatkan, jadi anda hanya membantu membimbing. Masalah pembayaran, silahkan anda dan calon klien yang bicarakan, saran saya sesuai dengan kemampuan klien saja supaya dia juga tidak keberatan.

2. Bantuan Jasa Olah Data Penelitian 

Tips yang kedua ini, tidak mendampingi sepenuhnya melainkan hanya saat pengelohan data hasil penelitian mahasiswa akhir tersebut. Biasanya mereka akan sedikit kebingungan dala mengolah data lapangan pada awal dilakukan perhitungan. Nah, anda dapat menawarkan jasa untuk membimbing daam pengelohan.

Catatan : Metode penelitiannya harus sama dengan anda sebelumnya atau anda benar-benar paham dengan metode olah data yang klien anda gunakan.

3. Menjadi Asisten Dosen Untuk Sementara waktu

Bagi anda yang memiliki pengetahuan lebih atau pintar ketika menjadi mahasiswa, apalagi sangat akrab dengan dosesn-dosen di jurusan anda. Cara menjadi asisten dosen (ASDOS) ini juga merupakan solusi terbaik. Bangun komunikasi yang baik dengan dosen-dosen anda, tawarkan jasa sebagai ASDOS, apalagi bila dosen tersebut telah menganggap anda mampu. Negosiasi dengan dengan dosen tersebut. Hitug-hitung, anda mendapat pengalaman menjadi dosesn, dapat uang jajan dan mengisi waktu luang. Hal ini akan lebih mudah lagi ketika anda sudah terbiasa jadi asisten dosen ketika masih berstatus mahasiswa.

Lihat juga : Predikat Cum Laude Bukan Jaminan Kesuksesan

Itulah 3 cara yag dapat dilakukan ketika anda baru selesai wisuda, menjadi sarjana dan belum memperoleh pekerjaan apapun. Jangan khawatir dengan situasi anda setelah wisuda, yakinlah selama ada kemauan yang sungguh-sungguh pasti ada jalan untuk mencapai apa yang anda harapkan. Semoga bermanfaat, jika ada yang mau ditambahkan tentang tips di atas silahkan berkomentar di bawah, terima kasih.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar