Ada Coffee Sua (Kopi Sula) di Manado

Ada Coffee Sua (Kopi Sula) di Manado

Tempat kopi atau kedai kopi saat ini sedang populer di kalangan anak muda. Tidak sedikit orang-orang yang mulai melirik dan menjalankan salah satu usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Pengusaha muda ! ya, sesuai dengan tema nongkrong, maka jangan heran ketika tempat-tempat kopi yang bertebaran saat ini didominasi oleh pemilik dan pengunjungnya para kawula muda. Konsep-konsep baru tentang cita rasa kopi semakin menjadi persaingan rasa yang menarik. Tak bisa dipungkiri bahwa kopi yang menjadi incaran para penikmati saat ini yaitu kopi dengan nuansa ciri khas.

Indonesia yang kaya akan sumber daya alam melahirkan ragam jenis kopi yang berbeda hampir di tiap-tiap daerah memiliki ciri khas kopi. Seperti kopi Aceh, Kopi Kotamobagu, kopi Toraja dan masih banyak lagi kopi-kopi dari daerah masing-masing.

Lihat juga : Kopi aceh di Manado

Salah satu kopi dengan ciri khas yaitu Kopi Sula yang menjadi judul tulisan ini. Kopi Sula berasal dari Kepulauan Sula di Maluku Utara. Dalam bahasa suku Sula disebut Kof Sua yang berarti Kopi Sula yang kemudian dibuat dalam kreasi penulisan modern pada tempat kopi ini dengan sedikit menggabungkan antara bahasa Inggris dan daerah Sula sehingga menjadi sebuah nama Coffe Sua. Kopi Sula memeliki cita rasa tersendiri, sama halnya dengan kopi-kopi dari daerah lain. Rasa pahit yang alami dan pekat membuat kopi Sula ini nyaman di lidah. Aromanya yang masih panas saat habis diseduh menjadi suatu kenikmatan untuk dihirup sebelum diminum.


Kopi Sula banyak tumbuh di dataran rendah, hal ini yang membuat kadar air kopi rendah sebab Kepulauan Sula merupakan daerah pesisir dengan intensitas suhu yang relatif sedang sampai tinggi. Agar lebih mengetahui bagaimana rasa kopi Sula tanpa harus saya jelaskan, silahkan temukan kopi Sula di daerah Maluku Utara sebab rasa tak bisa berbohong dan sulit dijelaskan dengan tulisan. Bagi anda yang berdomisili di Manado dan sekitarnya dapat langsung mampir di kedai kopi Coffe Sua untuk mencicipi rasa kopi Sula.

Lihat juga : Ngopi di Sula, Waimua Coffee

Kedai kopi Coffe Sua dimiliki oleh seorang teman saya yang masih muda, itulah kenapa saya mengatakan di atas jika usaha kedai kopi saat ini juga didominasi oleh pengusaha dikalangan anak muda. Lokasinya berada di kota Manado, jalan Pangeran Hidayat, kelurahan Wawonasa (berdekatan dengan jembatan kampung Arab). Lokasi kedai kopi Coffe Sua sangat mudah untuk dijangkau sebab masih berada di seputaran pusat kota Manado.


Tempat nongkrong sederhana tapi menarik dan penuh dengan suasana persaudaaran sebab di sini banyak berkumpul anak-anak berasal dari Kepulauan Sula yang saat ini sedang kuliah dan berkeja di Manado, termasuk saya hehe. Nama Coffe Sua dengan ciri khas kopi bukan berarti tidak tersedia kopi-kopi dari daerah lain. Banyak menu minuman lain dan kopi yang tersedia termasuk beberapa menu makanan.


Saya memang sering menceritakan pengalaman saya dalam mengunjungi tempat-tempat kopi, bahkan banyak saya tulis di blog sederhana ini. Jika anda tertarik dan penasaran dengan Coffe Sua silahkan mampir saja, penilain sepenuhnya milik anda. Mari ngopi !
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar