4 Gunung di Sulawesi Utara yang Wajib Dikunjungi (Mendaki)

4 Gunung di Sulawesi Utara yang Wajib Dikunjungi (Mendaki)

Diwaktu senggang dimana setiap orang diberikan massa untuk terlepas dari rutinitas kerja, kuliah sekolah dan lainnya, sebagian orang akan memilih berlibur menenangkan jiwa yang penuh kepenatan. Entah ada yang berwisata ketempat bersejarah atau kepantai, wisata kuliner hingga wisata gunung.

Sulawesi Utara tepatnya Kota Manado. Daerah dimana saya menimbah ilmu di salah satu Universitas. Pastilah memiliki banyak tempat wisata, mulai dari destinasi alam bawah lautnya yang indah di Bunaken, tempat bersejarah seperti Makam Tuanku Imam Bonjol dan Kuliner yang paling terkenal yaitu Tinutuan atau Bubur Manado hingga wisata gunung-gunungnya.

Lihat juga : Pendaki Gunung yang Beretika

Pada moment ini saya ingin merekomendasikan tempat wisata gunung-gunung yang wajib dikunjungi bagi teman-teman yang senang mendaki sebagai berikut:

1. Gunung Lokon

Gunung yang berjenis Stratovolcano yang memiliki ketinggian 1.580 m/5.148 ribu kaki dari permukaan laut berada dekat dengan Kota Tomohon. Provinsi Sulawesi Utara Indonesia. Sering sekali menjadi tempat melepas kepenatan kota bagi sebagian orang di Sulawesi Utara

2. Gunung Soputan

Gunung terbentuk pada masa selepas era Kenozoikum yaitu masa Kuarterner tepat di tepi selatan Kaldera Tondano dan 50 kilometer dari Pusat Kota Manado, Provinsi Sulawesei Utara, Indonesia. Dengan ketinggian 1.784m atau 5.853 ribu kaki. Merupakan gunung aktif di Sulawesi Utara, letusan terakhir pada tahun 2012 namun sejauh ini masih banyak para penanjak yang sering kesana dengan sekitaran gunung yang dipenuhi pepohonan pinus menjadi wisata lebih buat penanjak.

3. Gunung Tumpa

Gunung yang berada pada Kelurahan Tongkaina. Kec Bunaken, memiliki ketinggian 750 meter dari permukaan laut dan terbilang cocok bagi pemula. Namun dibalik semua itu gunung mungil ini menyimpan tatapan yang begitu indah karena temam-teman bisa memandang langsung Sunset diantara teluk kota manado yang diapit Pulau Manado Tua, Bunaken dan Nain. Atas semua itu wajib untuk dikunjungi.

4. Gunung Klabat

Gunung yang oleh rakyat Tonsea disebut Gunung Tamporok ini. Merupakan gunung tertinggi di provinsi Sulawesi Utara. Ketinggian Puncaknya mencapai sekitar 2.010 mdpl. Gunung yang dengan perjalanan memakan waktu 8 jam dari arah langkah menikmatinya mulai dari Ibukota Kab. Minahasa Utara yaitu Air Madidi ini berstatus tidak aktif lagi.

Pada titik tertingginya memiliki kolam jernih pada puncaknya menambah peluang untuk membayar lelah perjalanan dengan rasa bahagia dari setiap para pendaki gunung.

Lihat juga : Langit Biru di Puncak Gunung Mahawu

Diatas adalah sebagian kecil daftar nama gunung yang sering dikunjungi oleh setiap pendaki Lokal, Nasional hingga Internasional. Bagi teman-teman pembaca jangan lewatkan kesempatan untuk yang memiliki rencana liburan di Sulawesi Utara, Manado.

Salam Dunia Hitam Manis

Penulis : Awin Buton
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar