Tips Merangsang Bugenvil Agar Mau Berbunga di Dalam Pot Setelah Dibeli

Tips Merangsang Bugenvil Agar Mau Berbunga di Dalam Pot Setelah Dibeli

Tanaman bugenvil dalam pot banyak dijual di daerah puncak seperti yang tampak di kiri kanan sepanjang jalan ke kebun raya Cibodas. Tanaman ini umumnya sangat menarik penampilannya karena kebanyakan penuh bunga yang bermacam-macam warnanya. Namun, bagaimana setelah dibeli dan dibawah ke daerah yang tidak sesejuk di puncak ?

Tidak jarang memang ibu-ibu yang mengaku membeli bugenvil dalam pot di daerah puncak kemudian mengeluh, tanamannya tidak mau berbunga lagi. Sebenarnya ini bukan salah pedagangnya. Hanya saja mungkin ibu-ibu pada waktu membelinya dulu lupa menanyakan bagaimana cara merawatnya agar tanaman bugenvil tetap rajin berbunganseperti pada waktu dibeli.

Sebenarnya bugenvil termasuk tanaman yang gampang berbungan, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, hanya kalau di dataran tinggi seperti di daerah puncak, warna bunganya lebih cemerlang. Bugenvil dalam pot sungguh menarik. Hanya kadang-kadang tanaman ini ngadat tidak mau berbunga. Berikut ini resep untuk merangsang agar mau berbunga.

Tanaman bugenvil menghendaki sinar matahari penuh, paling sedikit 70 persen. Namun yang paling penting untuk merangsang bungannya adalaha adanya masa kering sebab dalam keadaan kering tanaman akan dirangsang pertumbuhan generatifnya yaitu pembentukan bunga dan biji.sehingga kalau tanaman mati, sudah ada calon keturunan dari bijinya yang meneruskan jenisnya.

Jika pembentukan bunga yang kita inginkan jatuh pada musim hujan, maka untuk membuat masa kering tanaman harus kita letakkan di rumah kaca atau di tempat lain yang tidak kena guyuran air hujan tetapi tetap memperoleh sinar matahari penuh.

Perlakuan masa kering ini paling sedikit berlangsung selama empat hari. Selama itu, bogenvil dalam pot tidak boleh disiram sampai daunnya menguning dan rontok. Baru setelah itu penyiraman dilakukan, tetapi airnya tidak boleh sebanyak seperti saat penyiraman normal, cukup separuhnya saja. Penyiraman dengan jumlah air yang minim ini dilakukan sampai tanaman memunculkan kuncup bunga.

Kalau sebelum itu sudah keburu disiram secara normal, tanaman justru akan melakukan pertumbuhan vegetatif, sehingga kuncup daun yang dibentuknya bukan kuncup bunga. Namun, ada syarat yang harus diingat bahwa perlakuan masa kering ini hanya boleh dilakukan jika tanaman sudah memiliki akar yang kuat.

Unsur hara yang paling penting dibutuhkan untuk merangsang pembungaan bugenvil adalah P dan Mg. Unsur P dapat diperoleh dari pupuk TSP dan NPK sedangkan Mg dari dolomit. Pemupukan dilakukan menjelang perlakuan masa kering.

Media tanam untuk bugenvil sebaiknya tidak terlalu sarang. Campuran antara tanah merah, pupuk kandang dan humus sangat baik untuk bugenvil dengan perbandingan 3:2:1. Humus kaliandra termasuk salah satu humus terbaik karena kandungan unsur haranya cukup tinggi.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar