Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS Dengan Mudah

Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS Dengan Mudah

Secara umum materi tes seleksi CPNS terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu TES KEMAMPUAN DASAR dan TES KEMAMPUAN BIDANG (disebut juga tes potensi akademik) materi tes kedua kategori ini biasanya terdiri sebagai berikut :

Tes Kemampuan Dasar (TKD)

TKD terdiri dari bahasa indonesia, bahasa inggris, falsafa dan ideologi negara, UUD 1945 dan amandemen, kebijakan negara serta tata negara.

Tes Kemampuan Bidang (TKB)

TKB terdiri dari tes persamaan kata, tes lawan kata, tes padanan kata, tes hubungan kata, tes pemahaman teks, tes penalaran, tes kuantitatif dan tes gambar.

A. Soal Bahasa Indonesia

Pelajari Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) seperti penulisan atau penggunaan huruf kapital, penulisan lambang bilangan, penyingkatan gelar dan penggabungan kalimat dalam paragraf. Jangan lupa pelajari juga tentang mengambil rumusan temadari suatu topik, penulisan kata-kata baku serta perbanyak perbendaharaan kata-kata serapan.

B. Soal Bahasa Inggris

Vocabulary

Tes vocabulary digunakan untuk menguji perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris. Perbanyak membaca literatur dalam bahasa Inggris dan carilah kata-kata yang masih asing yang di temukan kemudian pahami dengan menggunakan kamus. Kemampuan dalam mengusai vocabulary ditentukan oleh wawasan seseorang dan hal ini sulit didapatkan hanya dalam waktu semalam.

Grammar dan Structure

Tes Grammar dan Structure digunakan untuk menguji tata bahasa dan pola kalimat dalam bahasa Inggris. Kuncinya pahami pola kalimat dan tenses.

Comprehension

Tes Comprehension adalah tes yang berkaitan dengan wacana dalam bahasa Inggris. Kemampuan seseorang dalam mengerjakan tes inisalah satunya ditentukan oleh pemahaman akan isi dari suatu teks maupun literatur dalam bahasa Inggris, dan ini didapatkan dari pengalaman membaca dan berlatih.

Tips dan Trik Menjawab Soal Comprehension

1. Langsung membaca soal, bukan membaca keseluruhan isi wacana karena pasti akan menyita waktu yang cukup lama.

2. Jika ditanyakan mengenai gagasan utama seluruh bacaan (main idea) maka bacalah paragraf awal dan akhir terlebih dahulu. Gagasan utama pada pargaraf tertentu biasanya berada pada awal dan akhir kalimat.

3. Biasanya terdapat soal yang berhubungan dengan vocabulary (sinonim dan antonim) karena itu, tingkatkanlah perbendaharaan kata dala bahasa Inggris.

C. Soal Falsafah dan Ideologi Negara, UUD 1945 dan Amandemen, Tata Negara Serta Kebijakan Pemerintah

Untuk menghadapi tes ini, perbanyaklah membaca buku PPKN, UUD 1945 dan Pengetahuan Umum.

a. Falsafah dan Ideologi Negara serta UUD 1945 dan Amandemen

Materi soal meliputi rumusan Pancasila dan UUD 1945 (kapan, oleh siapa, hubungan Pancasila dan Proklamasi terhadap pembukaan UUD 1945), PPKI dan BPUPKI.

b. Tata Negara

Materi soal meliputi konsep negara serta fungsi-fungsi, peran, posisi dan hubungan antar lembaga pemerintah atau antar instansi pemerintah dan lembaga-lemabaga dunia.

c. Kebijakan Pemerintah

Materi soal meliputi kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai otonomi daerah dan pengetahuan umum lainnya yang menyangkut dengan pemerintahan Republik Indonesia. Perluas wawasan dengan banyak membaca berita terkini di koran atau menonton berita di televisi seputar kebijakan pemerintah.

D. Soal Tes Verbal

Tes verbal dilakukan untuk mengukur kemampuan dan pemahaman bahasa serta wawasan seseorang. Bahasa adalah faktor penting untuk menciptakan komunikasi dan kerja sama yang baik.

a. Tes Persamaan Kata (Sinonim)

Mencari kata yang berbeda tapi memiliki arti yang sama

b. Tes Lawan Kata (Antonim)

Mencari kata yang berlawanan arti

c. Tes Padanana Kata (Similarity)

Peserta diminta untuk mengartikan dahulu kata-kata yang terdapat pada soal kemudian mencari kata-kata yang sama atau mendekati. Dalam tes ini kemampuan logika dan abstraksi diperlukan untuk mengetahui padanan kata dalam soal.

d. Hubungan Kata (Analogi)

Peserta diminta membandingkan, menghubungkan dan memadankan antara dua atau lebih hal yang sebenarnya tidak memiliki persamaan arti tetapi memiliki kesamaan dalam bentuk, susunan atau fungsinya. Jawaban yang dipilih haruslah memiliki hubungan analogis dan relasional yang sama dengan kata-kata pada soal.

e. Tes Pemahaman Teks

Berupa soal cerita yang didalamnya berisi beberapa infromasi. Jawaban yang diberikan harus berdasarkan informasi atau data yang ada dala teks cerita tersebut.

E. Sola Penalaran

Tes ini menitikbertakan pada kemapuan untuk menyimpulkan suatu permasalahan yang disajikan dalam bentuk pernyataan-pernyataan.

a. Penalaran Logis

Menguji pola berpikir peserta tes melalui cara penarikan kesimpulan dari dua atau lebih proposisi atau premis-premis.

b. Penalaran Analitis

Bersifat menghubung-hubungkan data atau fakta yang susunannya kacau balau sampai kemudian membentuknya menjadi sesuatu kesimpulan yang mudah dipahami.

Lihat juga : Jenis-Jenis Tes Psikotes dan Tujuannya Masing-Masing (PANDUAN)

F. Soal Kuantitatif

Tes ini dilakukan untuk mengukur tingkat intelegensi karena seorang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi akan mampu menyelesaikan perhitungan angka-angka dengan cepat dan tepat. Kuatkan pemahaman matematika, terutama aritmatika/aljabar.

Terdapat 3 jenis tes kuantitatif yaitu tes deret/seri angka dan huruf, tes logika matematika serta tes aritmatika dan konsep aljabar.

a. Tes Deret/ Seri Angka dan Huruf

Biasanya berbentuk angka-angka, huruf-huruf atau kotak-kotak kosong yang membentuk barisan atau deret (bisa memanjang secara vertikal atau mendatar) yang berpola tertentu.

b. Tes Logika Matematika

Biasanya berbentuk soal cerita yang di dalamnya mengandung angka atau bilangan. Dalam menjawab soal, kita hanya menggunakan informasi yang diberikan.

c. Tes Aritmatika dan Konsep Aljabar

Tes ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan matematika dasar seseorang, seperti persamaan, pangkat, operasi matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dan logaritma.

G. Soal Gambar

Tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Tes ini meliputi tes klasifikasi gambar (membedakan gambar, mencari gambar yang sama, perputaran dan pencerminan), tes melanjutkan gambar, irama gambar, analogi serta kerangka bangun ruang.

Itulah tips atau acara penting untuk anda dalam menjawab soal tes CPNS, persiapkan diri anda dengan baik agar mendapatkan hasil maksimal dalam mengikuti seleksi CPNS yang akan dilaksanakan oleh pemerintah.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar