5 Tips Mengatasi Malas Menulis Ketika Kita Jenuh

5 Tips Mengatasi Malas Menulis Ketika Kita Jenuh

Kegiatan menulis kadang mengalami kejenuhan, sebagai manusia kita tidak dapat pungkiri akan hal itu. Namun, jangan putus asa sebab meskipun sering mengalami hambatan dalam menulis tapi ada cara-cara yang dapat kita terapkan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam menulis.

Berikut ini tips menghindari hambatan atau kebuntuan dalam menulis duna memperlancar proses penulisan menurut Bobbi Deporter dibutuhkan strategi sebagai berikut :

1. Percaya Pada Diri Sendiri

Ketika anda menjadi terlalu kritis dan itu membuat anda terhenti, bacalah tulisan ini, ini akan mengingatkan bahwa anda adalah penulis yang hebat jadi anda mampu maju terus dengan penuh keyakinan. Artinya percaya diri dengan meyelesaikan tulisan sampai tuntas.

2. Merubah Kebiasaan Berpikir

Berubah kebiasaan berpikir yang dimaksudkan adalah memandang sesuatu dari sudut pandang berbeda. Jika anda sering menulis sesuatu dengan cara pandang menurut anda baik maka cobalah melihatnya dari sudut pandang yang lain. Hal ini dapat memberikan pengalaman baru dalam menulis dan itu dapat membantu mengatasi kebuntuan ide kita dalam menulis.

3. Liburan

Liburan atau rekreasi pada manusia merupakan kebutuhan dasar yang harus terpenuhi. Jenuh berhubugan dengan hal ini. Anda sering atau selalu menulis ? luangkanlah sehari untuk aktivitas rekreasi. Hilangkan semua pikiran anda tentang menulis dalam waktu sementara dan nikmatilah perjalanan liburan. Dengan begitu, pikiran anda menjadi segar kembali, bahkan ketika liburan anda mendapatkan inspirasi atau ide-ide baru dalam tema penulisan.

4. Lakukan Hal Baru

Ketika anda terbiasa menulis di rumah atau di kantor, cobalah lakukan hal baru dengan menulis di restoran, kedai kopi atau di tempat-tempat nongkrong lainnya. Kadang kejenuhan menulis tidak datang dengan sendirinya tapi kita yang membuatya. Misalnya, kita mulai jenuh menulis di rumah tapi selalu memaksakan diri untuk tidak menulis di tempat lain, waktu itulah jenuh semakin terasa dalam diri kita.

Lihat juga : Menulis Artikel di Warung Kopi

5. Berdiskusi Dengan Orang Lain

Ini juga merupakan yang sering saya lakukan, berdiskusi dengan orang lain tentang topik tulisan yang sering kita tulis atau yang sedang ditulis. Dengarkanlah persepsi yang berbeda-beda dari mereka sehingga anda tidak hanya memikirkan terus-menerus pemahaman anda. Banyak orang yang dapat diajak nerdiskusi lebih baik. Banyak masukan ide akan membuat kita semakin bersemangat dalam menulis sebab ide gagasan atau sudut pandang dari mereka akan membuat kita mampu merimajinasi tentang hal-hal yang baru.

Itulah tips-tips mengatasi malas menulis yang dapat anda lakukan dengan mudah tanpa harus membuat anda terbebani. Semoga berhasil.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar