Tips Memelihara Daun Calathea Dari Gangguan Agar Tumbuh Subur dan Sehat

Tips Memelihara Daun Calathea Dari Gangguan Agar Tumbuh Subur dan Sehat

Bunga Calathea gampang tumbuh subur dan sehat asal tempat tumbuhnya sudah cocok, terlindung dari lembab dan hangat. Namun, ini tidak berarti bahwa memelihara tanaman ini tanpa masalah. Jadi, masalah apa yang sering muncul pada bunga Calathea ?

Calathea dari suku Marantaceae yang sudah lama dikenal orang, terutama di Eropa dan Amerika. Bentuk daunya yang bervariasi, penuh dengan gambaran motiv batik yang indah. Tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari banyak tapi lebih senang tempat yang terlindung. Misalnya di bawah naungan pohon atau pergola yang atasnya penuh daun dan bunga dari tanaman perambat. Ia juga bagus ditanam dalam pot yang ditaruh di sudut-sudut ruangan. Misalnya ruang tamu, ruang kerja atau ruang makan rumah anda.

Beberapa jenis Calathea memang pantas untuk ditanam sebagai penghias ruangan karena keunikan daunnya, antara lain :  Calathea insignis, Calathea makoyana, Calathea acuminata, Calathea ratundiflora, Calathea leuconeura, dan Calathea roseo-picta.

Merawat Gangguan yang Sering Terjadi Pada Tanaman Calathea

Ada beberapa gangguan yang sering dijumpai pada daun Calathea. Misalnya pinggiran daun berwarna coklat yang timbul bila udara terlalu panas dan kering. Udara seperti ini biasa ditandai oleh hadirnya semacam laba-laba berwarna merah. Ia bersarang di antara tangkai daun.mCara mencegahnya, tanaman yang terserang atau sakit dipisah dari tanaman yang sehat, kemudian dibuang atau dipangkas daun yang rusak secara teratur.

Daun Calathea mengeriting dan bercak, sedang daun paling bawah berwarna kuning merupakan akibat dari kurang penyiraman. Penanganannya, tanaman disiram lebih teratur. Tanaman Calathea memang menghendaki lingkungan yang senantiasa lembab. Pada masa pertumbuhannya, ia malah perlu air banyak.

Daunya berjatuhan, biasanya disebabkan oleh udara yang terlalu kering. Penanganannya, tempat tumbunya diusahakan agar lembab dengan penyiraman yang lebih teratur pula.

Daun Calathea terkulai dan tangkai membusuk, bisa disebabkan udara yang terlalu dingin dan medium tanam terlalu becek, terutama di musim hujan. Penanganannya, penyiraman harus dikurangi.

Daun berubah warna dan timbul noda, hal disebabkan karena terlalu banyak terkena sinar matahari. Kalau sudah demikian tanaman harus segera dipindahkan ke tempat yang terlindung. Keterlambatan dalam penengan dapat berakibat fatal bagi Calathea.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar