Terjebak Dalam Buku

Terjebak Dalam Buku

Terjebak dalam buku bacaan bukan berarti kutu buku sebab kutu buku saja belum tentu akan terjebak dalam buku.

Jadi apa itu terjebak dalam buku ?

Pengertian terjebak dalam buku adalah orang yang suka membaca buku dan selalu mengandalkan semua isi buku yang dia baca secara menyeluruh. Ada hal-hal yang perlu dipilah mana bacaan yang bersifat teoritis dan mana yang bersifat teknis pada setiap isi buku.

Artinya bahwa jika anda membaca buku tahun 90 an, bisa saja teori dan praktek tidak relevan lagi dengan zaman kontemporer. Oleh karena itu, jangan terjebak dengan buku bacaan yang kita baca. Sebaik-baiknya membaca buku adalah ketika kita mampu menerapkan teori-teori yang ada pada kenyataan peradaban saat ini dengan korelasi yang logis.

Lihat juga tulisan terkait :

Wisata Baca di Toko Buku Saat Libur

Dulu Baca Buku Orang Lain, Sekarang Saatnya Baca Buku Kita Sendiri

Mengatur Waktu Membaca Buku Dalam Rutinitas Keseharian

Kadang disaat berdiskusi dengan teman-teman, menurut saya masih ada yang sering terjebak dalam buku. Bahkan tidak sedikit yang terjebak juga dalam paham figuritas, mengagumi tokoh-tokoh tertentu yang hidup berjaya pada zaman mereka dahulu kala. Pada dasarnya mengagumi seseorang itu baik saja, selama mereka dapat menjadi motivasi dan arah kita dalam berpikir dan bertindak. Namun, jangan sampi terjebak dengan berlebihan mengagumi sebab bisa saja pemikiran kita malah terpenjara di zaman mereka.

Padahal kita semua mengetahui bahwa " setiap zaman ada orangnya dan setiap orang ada zamannya". Jadi para tokoh-tokoh zaman dahulu yang anda baca telah lewat. Sekarang zamannya kita, bagaimana kita bisa menjadi sejarah di zaman kita, bagimana kita bisa menjadi tokoh seperti mereka di zamanya, itu tantangan kita saat ini. Bukan malah terjebak dalam buku bacaan dengan teori tokoh-tokoh terdahulu.

Relevan tidak ? jika tidak maka cerdaslah dalam membaca dan bertindak sebab realita berubah setiap detik, menit, jam, hari, bulan, tahun dan abad. Jika anda tidak dapat menyesuaikan diri dengan berbikir dan bertindak maka bersiaplah anda terisolasi dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar