14 Sektor Bidang Usaha yang Dapat Digeluti Oleh Pengusaha Pemula

14 Sektor Bidang Usaha yang Dapat Digeluti Oleh Pengusaha Pemula

Sebelum memulai usaha, terlebih dahulu kita memilih dan menentukan bidang usaha yang akan ditekuni. Pemilihan bidang usaha ini sangatlah penting agar kita mampu mengenali seluk-beluk usaha tersebut dan mampu mengelolanya. Pemilihan bidang usaha ini harus disesuaikan dengan minat atau bakat seseorang karena hal itu menjadi faktor penentu dalam menjalankan usaha.

Contoh sektor bidang usaha yang dapat digeluti untuk pemula sesuai dengan minat dan bakat, terutama untuk usaa kecil dan menengah antara lain :

1. Sektor kecantikan

Usaha di sektor kecantikan contohnya membuka usaha salon dan SPA atau kecantikan lainnya. Sebelum membuka usaha ini, sebainya calon pengusaha terlebih dahulu memahami seluk beluk kecantikan, mialnya dengan cara mengikuti kursus kecantikan. Dengan demikian, pengusaha tersebut lebih mudah mengelola usahanya dan tidak tergantung kepada anak buah ketika terjadi suatu masalah dalam usaha.

2. Sektor keterampilan

Contoh sektor usaha di bidang keterampilan antara lain seltor jasa perbaikan (service) seperti service elektronik (televisi, radio, kulkas, AC), motor (sepeda motor atau mobil) atau service mesin-mesin. Seperti halnya dengan sektor kecantikan, calon pengusaha di sektor keterampilan jasa juga perlu mengikuti pelatihan terkait keterampilan yang akan dimilikinya.

3. Sektor konsultan

Usaha di bidang konsultan maksudnya adalah menjadi penasehat untuk berbagai bidang usaha. Misalnya konsultan manajemen, konsultan hukum, konnsultan psikiater, konsultan teknik dan konsultan lainnya. Mendirikan konsltan jelas harus memiliki latar belakang bidang ilmu yang akan mendukung usahanya. Sebagai contoh konsultan manajemen bagi mereka yang berlatar belakang ekonomi, konsultan hukum bagi mereka yang berkatar belakang hukum dan seterusnya.

4. Sektor Industri

Sektor industri sangatlah luas dan beragam. Sektor ini akan menghasilkan suatu produk olahan untuk usaha kecil dan menengah. Misalnya membuka pabrik makanan seperti tempe, tahu, kerupuk, roti atau usaha industri batu bata, genteng dan garment.

5. Sektor tambang

Sektor tambang juga dapat dilakukan untuk usaha kecil dan menengah seperti usaha penambangan pasir, kaolin, timah, emas atau batu bara.

6. Sektor kelautan

Usaha yang dapat dilakukan pada sektor kelautan adalah usaha penangkapan ikan dengan menyediakan kapal-kapal penangkapan ikan bagi para nelayan baik untuk skala kecil maupun menenangah.

7. Sektor perikanan

Usaha di sektor perikanan antara lain membuka usaha tambak ikan atau udang, baik air tawar maupun air laut. Usaha perikanan di air tawar misalnya budidaya ika lele, emas, gurami, bawal, patin dan lainnya sedangkan di air laut misalnya budidaya rumput laut dan mutiara. Selain itu, juga dapat membuka usaha pemancingan ikan atau budidaya ikan hias.

8. Sektor agribisnis

Usaha di sektor agribisnis dapat dilkaukan dengan membuka pertanian jangka pendek, menengah atau panjang. Untuk jangka pendek misalnya, usaha penanaman sayur, jangka menengah misalnya penanaman pisang, jeruk, nanas, cokelat dan untuk jangka panjang misalnya penanaman karet, cengkeh, lada dan kelapa sawit.

9. Sektor Perdagangan

Usaha di sektor perdagangan dapat dilakukan dengan membuka toko atau kios, membuka usaha seperti bakso, mie ayam, es teler, martabak, nasi goreng, sea food, restoran, rumah makan dan sektor perdagagangan lainnya.

10. Sektor pendidikan

Usaha disektor pendidikan yang dapat dilakukan adalah membuka lembaga pelatihan atau kursus-kursus, mendirikan sekolah taman kanak-kanak, sekolah dasar dan yayasan pendidikan lainnya

11. Sektor percetakan

Usaha pada sektor percetakan dapat dilakukan dengan membuka usaha foto copy, sablon, percetakan buku, majalah, koran atau percetakan lainnya.

12. Sektor seni

Bagi mereka yang memiliki bakat seni, usaha yang yang dapat dilakukan antara lain mengerjakan seni lukis, musik, ukir atau menjadi penulis cerita.

13. Sektor kesehatan

Meskipun sektor ini searusnya dilakukan oleh mereka yang memiliki latar belakang kesehatan tapi sebenarnya orang umum juga dapat melakukannya, misalnya membuka klinik kesehetan, apoteik, rumah sakit dan yang bekerja disitu yaitu orang-orang dengan keilmuan bidang kesehatan.

14. Sektor pariwisata

Usaha di sektor pariwisata yang dapat dijalankan antara lain membuka biro perjalanan, usaha wisata, membuka tempat penginapan, motel atau hotel. Selain itu juga dapat didirikan tempat-tempat hiburan seperti karaoke, bar dan lain-lain.

Itulah bidang usaha dari berbagai sektor yang dapat anda lirik sesuai dengan minta dan bakat anda dalam melangkah menjadi seorang pengusaha. Selain dari sektor usaha di atas, masih banyak lagi yang dapat anda lihat dan pelajari, semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar