Pentingkah Komunikasi Dalam Mencapai Tujuan Organisasi ?

Pentingkah Komunikasi Dalam Mencapai Tujuan Organisasi ?

Pada kehidupan saat ini, kita sebagai makhluk sosial dituntut untuk saling berinteraksi demi memenuhi kelangsungan hidup. Apa pun kegiatan kita,profesi pekerjaan kita dan kemanapun kita berada, berinteraksi sangat diperlukan. Kemampuan berinteraksi memang selalu identik dengan kemampuan berkomunikasi dengan orang-orang di lingkungan sekitar. Namun tentu saja bukan asal berkomunikasi.

Tentu banyak contoh miskomunikasi yang terjadi disetiap aktivitas kita yang mempengaruhi secara langsung pada tingkat efesiensi proses kerja tentu terbilang memperhambat kerja, kerja tidak tepat sasaran hingga berakibat tidak suksesnya suatu tujuan

Lihat juga : Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa yang Baru Masuk Kuliah

Maka saling adanya interaksi untuk tujuan tertentu dengan konsep pemahaman yang sama maka didiriknlah sebuah organisasi. Setiap anggota maupun kelompok dalam organisasi tersebut saling berinteraksi/ berkomunikasi untuk tujuan yang sama. Dalam kenyataannya, masalah komunikasi selalu muncul dalam proses organisasi. Oleh sebab itu, komunikasi dalam organisasi menjadi sistem aliran yang menghubungkan dan membangkitkan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan sinergi.

Komunikasi merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan manusia sehingga perlu membangun komunikasi yang baik agar dapat tercipta hubungan yang harmonis dengan orang lain. Begitupun dalam suatu organisasi, komunikasi menjadi kunci utama dalam proses pertukaran informasi antar bagian dalam suatu organisasi.

Lihat juga : Tujuan Bergabung di Organisasi Mahasiswa Itu Beragam

Organisasi adalah kegiatan-kegiatan sejumlah orang yang dikoordinasikan ke arah pencapaian tujuanbersama,yang merupakan kekuatan sosial yang khas dari suatu organisasi-bisnis, sosial, mahasiswa dipercaya dapat mencapai sukses, bila mampu mengembangkan komunikasi organisasi yang efektif.

Akibat dari pentingnya komunikasi dalam suatu organisasi sebelum menindaklanjuti program lain maka organisasi dituntut menyamakan frekuensi demi meningkat sinergitas dalam mencapai setiap tujuan organisasi. Sehingga segala bentuk manajemenorganisasi dapat terkordinir dengan baik.

Salam Dunia Hitam Manis

Penulis: Awin Buton
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar