Pengertian, Etika, Sikap dan Ciri-Ciri Wirausaha yang Sukses

Pengertian, Etika, Sikap dan Ciri-Ciri Wirausaha yang Sukses

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menyaksikan berbagai aktivitas seseorang atau kelompok yang mengeluarkan uang untuk membeli sejumlah barang kemudian barang tersebut dipajang di suatu lokasi untuk dijual kembali kepada konsumennya. Atau seseorang membeli sejumlah barang, kemudian diolah atau diproses, lalu disajikan dalam bentuk makanan di suatu lokasi untuk dinikmati konsumennya.

Gambaran sepeti di atas merupakan kegiatan seorang wirausaha dalam kesehariannya. Kepiwaian dan keahlian mereka dalam menjalankan aktivitas tanpa rasa canggung, takut, malu atau minder merupakan menu keseharian yang menjadi rutinitas mereka.

Pengertian Wirausaha

Secara sederhana arti kewirausahaan (enterpreneur) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti. Kegiatan wirausaha dapat dilakukan seorang diri atau berkelompok.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli

Peter F. Drucker menagatakan bahwa kewirausahaan merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Pengertian ini mengandung maksud bahwa seorang wirausahawan orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dari yang lain. Atau mampu menciptakan sesuatu yang berbeda dan suda ada sebelumnya.

Zimmere mengartikan kewirausahaan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha). Pendapat ini tidak jauh berbeda dengan pendapat di atas. Artinya, untuk menciptakan sesuatu diperlukan kreativitas dan jiwa inovator yang tinggi. Seseorang yang memiliki kreativitas dan jiwa inovator tentu berpikir untuk mencari atau menciptakan peluang yang baru agar lebih baik dari sebelumnya.

Etika Wirausaha

Dari pengertian wirausaha di atas maka sudah sepatutnya seorang wirausaha memiliki etika berusaha atau ketentuan yang mengatur. Adapun ketentuan yang diatur dalam etika wirausaha secara umum adalah sebagai berikut :
  1. Sikap dan perilaku seorang pengusaha harus mengikuti norma yang berlaku dalam suatu masayarakat atau negara
  2. Penampilan yang harus ditunjukkan seorang pengusaha harus selalu apik, sopan, terutama dalam menghadapi situasi atau acara-acara tertentu.
  3. Cara berpekaian pengusaha juga harus sopan dan sesuai dengan tempat dan waktu yang berlaku
  4. Cara berbicara seorang pengusaha juga mencerminkan usahanya, sopan, penuh tata krama, tidak menyinggung atau mencela orang lain.
  5. Gerak-gerik seorang pengusaha juga dapat menyenangkan orang lain, hindarkan gerak-gerik yang dapat mencurigakan.
Kemudia etika atau norma yang harus ada dalam benak dan jiwa seorang pengusaha adalah sebagai berikut :
  1. Kejujuran
  2. Bertanggungjawab
  3. Menepati janji
  4. Disiplin
  5. Taat Hukum
  6. Suka membantu
  7. Komitmen dan menghormati
  8. Mengejar prestasi
Sikap dan Perilaku Wirausaha

Sikap dan perilaku pengusaha dan seluruh karyawannya merupakan bagian penting dalam etika wirausaha. Adapun sikap dan perilaku yang harus dijalankan oleh pengusaha dan seluruh karyawannya adala sebagai berikut :
  1. Jujur dalam bertindak dan bersikap
  2. Rajin, tepat waktu dan tidak pemalas
  3. Selalu murah senyum
  4. Lemah lembut dan ramah-tamah
  5. Sopan santun dan hormat
  6. Selalu ceria dan padai bergaul
  7. Fleksibel dan suka menolong pelanggan
  8. Serius dan memiliki rasa tanggungjawab
  9. Rasa memiliki perusahaan yang tinggi
8 Ciri-Ciri Wirausahawan yang Berhasil

Berwirausaha tidak selalu memberikan hasil yang sesuai dengan harapan dan keiginan pengusaha. Tidak sedikit pengusaha yang mengalami kerugian dan akhirnya bangkrut. Namun, banyak juga wirausahawan yang berhasil untuk beberapa generasi. Bahkan, semula banyak pengusaha yang hidup sederhana menjadi sukses dengan ketekunannya. Keberhasilan dari usaha yang dijalankan merupakan harapan seorang pengusaha.

Berikut ini beberapa ciri wirausahawan yang dikatakan berhasil :

1. Memiliki visi dan tujuan yang jelas

Hal ini berfungsi untuk menebak kemana langkah dan arah yang dituju sehingga dapat diketahui apa yang akan dilakukan oleh pengusaha tersebut.

2. Inisiatif dan selalu proaktif

Ini merupakan ciri mendasar dimana pengusaha tidak hanya menunggu sesuatu yang terjadi tatapi terlebih dahulu memulai dan mencari peluang sebagai pelopor dari berbagai kegiatan.

3. Berorientasi pada prestasi

Pengusaha yang sukses selalu mengejar prestasi yang lebih baik dari pada prestasi sebelumnya. Mutu produk, pelayanan yang diberikan serta kepuasan penaggan menjadi perhatian utama. Setiap waktu segala aktivitas usaha yang dijalankan selalu dieavluasi dan harus lebih baik dibanding sebelumnya.

4. Berani mengambil resiko

Hal ini merupakan sifat yang harus dimiliki seorang pengusaha kapan pun dan dimana pun, baik dalam bentuk uang maupun waktu.

5. Kerja keras

Jam kerja pengusaha tidak terbatas waktu, dimana ada peluang di situ ia datang. Kadang-kadang seorang pengusaha sulit mengatur waktu kerjanya. Benaknya selalu memikirkan kemajuan usahanya. Ide-ide baru selalu mendorongnya untuk bekerja merealisasikannya. Tidak ada kata sulit dan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan.

6. Bertanggungjawab terhadap segala aktivitas yang dijalankannya

Tanggungjawab seorang pengusaha tidak hanya pada material tetapi juga moral kepada berbagai pihak.

7. Komitmen

Komitmen pada berbagai pihak merupakan ciri yang harus dipegang teguh dan dicapai. Komitmen untuk melakukan sesuatu memang merupakan kewajiban untuk segera ditepati dan direalisasikan.

8. Menjaga hubungan baik

Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak, baik yang berhubungan langsung dengan usaha yang dijalankan maupun tidak. Hubungan baik yang perlu dijalankan antara lain kepada para pelanggan, pemerintah, pemasok serta masyarakat luas.

Sampai disini pahamkan pengertian, etika, sikap dan ciri-ciri pengusaha sukses, semoga kita semua semakin baik lagi di masa yang akan datang baik yang baru mau menjadi pengusaha, sementara berusaha atau yang mengembangak usahanya untuk lebih berkembang. Salam sukses buat kita semua.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar