Musuh yang Wajar

Musuh yang Wajar

Musuh manusia itu tidak perlu dicari, pasti datang sendiri. Mungkin anda pernah alami hal seperti itu ?

Sepandai-pandainya kita menghindari masalah dengan orang lain, cepat atau lambat masalah akan datang sendiri juga bersama seseorang yang disebut musuh. Dari sudut pandang positif, hal itu wajar saja namanya juga manusia yang hidup dalam lingkungan sosial.

Kebanyakan orang yang tiba-tiba dibenci oleh orang yaitu orang-orang yang mulai meraih keauksesan mereka atau mencapai apa yang diinginkan dan orang yang membenci (musuh) termasuk mereka yang iri dan sakit hati melihat kesuksesan orang lain.

Kejadian ini seperti yang dialami oleh beberapa orang blogger yang menurut saya mereka telah sukses menghasilkan banyak rupiah dari dunia internet. Para blogger sukses biasanya memberikan tips-tips ngeblog secara gratis kepada para blogger-blogger pemula dalam meraih penghasilan di blog mereka masing-masing dan hal itu kebanyakan dilakukan melalui media sosial.

Nah, entah kenapa kebaikan yang seperti itu muncullah para musuh-musuh kelompok sakit hati yang mulai menyerang dengan komentar-komentar buruk.

Itulah orang-orang yang iri dengan kesuksesan orang lain dan orang-orang yang sakit hati melihat orang lain juga sukses.

Misalnya pada dunia pekerjaan, hal seperti ini juga saya kira pernah anda atau teman anda alami. Disaat karir pekerjaan mulai naik, mulailah bermunculan musuh-musuh pengganggu. Ibarat tanaman yang subur, maka tumbuhlah tumbuhan pengganggu (gulma) di sampingnya, oleh karena petani sering mencabut.

Ingat ! musuh-musuh seperti itu wajar saja dalam dinamika kehidupan ini. Jangan terlalu pusing apa lagi stres menghadapi orang-orang seperti itu.

Jika mendapatkan orang-orang seperti itu di dunia maya atau media sosial maka solusi terbaik yaitu diblokir saja, biar putus komunikasi di dunia maya, tak perlu diladeni, toh hanya di dunia tidak nyata juga.

Lain halnya jika orang seperti itu berada di dunia kerja. Maka hal-hal yang dapat dilakukan adalah :

1. Tetap berteman

Jika mendapati orang-orang yang sakit hati kepada anda di dunia kerja, tak perlu dihiraukan, jika dihiraukan maka kita juga dapat sakit hati dengam mereka. Tetap berteman saja seperti biasa, saling tegur sapa seperti biasa, jika mereka cuek anggaplah mereka hanya lagi malas saja dan kita juga baik-baik saja.

2. Bantu dia ketika susah

Mungkin ini sulit anda lakukan tapi yakinlah disaat anda membantu orang yang membenci anda tanpa alasan, maka suatu saat dia akan menjadi akrab dan semakin berbuat baik kepada anda. Selama niat kita membantu dengan ikhlas. Ibarat hewan buas saja bisa dijinakkan apalagi manusia yang mungkin hanya khilaf.

3. Selalu berpikir positif

Selama beraktivitas di tempat kerja, tanamkan dipikiran anda hal-hal positif, dengan begitu kita tidak mudah terpancing dengan orang-orang yang membenci kita, tapi selalu menghadapi mereka dengan ketenangan dan senyuman.

Musuh atau orang yang tiba-tiba tidak menyukai kita itu biasa terjadi dalam hidup (wajar). Sebaik-baiknya kita menghindari hal itu, suatu saat pasti ketemu juga dengan orang-orang seperti itu. Intinya selalu berpikir positif dan bersyukur atas segala yang didapat. Jika kita menanggapi dengan amarah maka kita sama saja dengan mereka.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar