Jangan Berlebihan Pasang Widget Blog, Agar Blog Ringan (Buat Pemula)

Jangan Berlebihan Pasang Widget Blog, Agar Blog Ringan (Buat Pemula)

Saya sering melihat kebanyakan blogger pemula yang menghias blog mereka dengan banyak sekali widget-widegt bawaan blogspot dan juga tambahan widget lain melalui script. Hal itu juga yang saya lakukan dan rasakan ketika pertama kali membuat blog pada tahun 2010. Saya sendiri juga masih tergolong pemula dalam dunia blogger yang masih belajar ngeblog secara otodidak (belajar sendiri) sampai saat ini tanpa seorang mentor atau guru, saya yakin semua orang pun dapat melakukan hal seperti ini.

Salah satu kebiasaan orang-orang yang baru pertama kali membuat blog yaitu memasang banyak sekali widget pada blog mereka, mungkin anda sendiri pernah merasakan hal itu. Jika tujuan membuat blog hanya untuk bersenang-senang tanpa tujuan yang jelas, tidak masalah. Tapi jika tujuan anda ngeblog untuk berbagi pengetahuan buat orang lain atau membuat blog untuk pemasaran, promosi produk atau menjadi afiliasi dan publisher adsense maka perlu memperhatikan pemasangan widget di blog dengan baik agar tidak berpengaruh buruk pada penampilan blog dan persaingan di mesin pencari.

Lihat juga : Cara Gampang Menambahkan Widget di Blogspot Dengan Mudah

Seperti judul postingan ini " jangan memasang widget blog berlebihan agar blog menjadi ringan". Misalnya anda membuat blog untuk promosi produk anda, maka sudah pasti yang diharapkan yaitu banyak yang berkunjung atau melihat blog anda. Nah, salah satu yang dapat membuat blog anda mudah ditemukan melalui mesin pencarian yaitu ringan atau dalam bahsa keren blogger fast loading, hal itu akan sulit dicapai jika anda memasang banyak widget.

Dalam dunia blogger persaingan di mesin pencari dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization), anda dapat membaca lebih banyak pengertian tentang SEO di google, saya tidak membahasnya pada tulisan ini. Jika SEO blog anda bagus maka besar kemungkinan akan mudah ditemukan banyak orang ketika mereka menggunakan internet dan salah satu faktornya yaitu blog yang ringan.

Pasanglah widget yang dianggap perlu dan penting saja, lepas saja widget yang tidak terlalu penting. Misalnya jika anda membuat blog untuk menjual suatu produk berarti widget blog yang penting seperti gambar produk, akun gmail anda agar orang dapat mengetahui secara jelas siapa anda dan widget popular post atau postingan populer agar calon pelanggan dengan mudah menjelajahi isi blog anda.

Lihat juga : 8 Manfaat Widget Blog di Blogspot yang Sering Digunakan

Apapun tujuan kita ngeblog selain dari bersenang-senang, pastilah menginginkan banyak pengunjung yang berkunjung ke blog kita. Bukan hanya melaui promosi yang kita sering lakukan lewat media sosial tapi juga pengunjung yang banyak sebenarnya berasal dari mesin pencari seperti google. Oleh karena itu mulai dari sekrang setelah anda membaca tulisan ini, maka mulailah benahi blog anda jika masih banyak terdapat widget yang kurang diperlukan.

Sebagai contoh, lihat saja blog saya ini, hanya terdapat dua widget di side bar, yang satu iklan dan satunya lagi daftar postingan yang memudahkan pengunjung untuk melihat sebagian postingan saya. Semoga bermanfaat tips ngeblog yang saya tulis ini. masih banyak lagi cara ngeblog yang saya tulis dan dapat anda jelajahi pada label cara blog, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar