3 Jenis Cocor Bebek Yang Mudah Dijumpai Serta Cara Memeliharanya

3 Jenis Cocor Bebek Yang Mudah Dijumpai Serta Cara Memeliharanya

Cocor bebek atau sering disebut juga Kalanchoe termasuk dalam famili Crassulaceae dan lebih populer dengan sebutan cocor bebek. Ada tiga jenis cocor bebek yang mudah dijumpai yaitu cocor bebek besar, cocor bebek mini dan cocor bebek berbunga. Diantara ketiganya cocor bebek berbunga yang sangat banyak penggemarnya.

Cocor bebek berbunga yang bernama ilmiah Kalanchoe blossfeldiana memang pantas kalau paling banyak peminatnya. Jenis ini sangat rajin berbunga. Warna bunganya berkesan ceria, yang umumnya merah menyala tetapi ada juga yang kuning orange dan merah muda. Tanamannya bisa mencapai 30 cm tingginya, berdaun tebal hijau warnannya dan cocok untuk tanaman hias pot.

Cocor bebek besar atau K. daigremontianum daya tariknya pada bentuk daunnya yang seperti mata tombak dan hijau warnanya. permukaan daun bagian atas mengkilat, sedang pada permukaan bawahnya terdapat loreng-loreng cokelat warnannya. Di pinggiran daunnya terdapat tunas-tunas yang jika jatuh ke tanah bisa berakar dan membentuk tanaman baru. Jenis ini tingginya bisa mencapai 40 cm dan umumnya berbatang tunggal. Kadang-kadang ia juga berbunga, warnanya hijau atau merah muda.

Cocor Bebek Mini atau K. tomentosa disebut Panda plant. Jenis ini juga berdaya tarik pada daunnya yang berbentuk oval, tebal dan permukaannya ditutupi oleh bulu putih. Di tepi bagian daunnya terdapat garis berwarna cokelat. Tinggi tanamannya bisa mencapai 30 cm. Jenis ini umumny jarang menonggolkan jenis bunga.

Cara Pemeliharaan

Cocor bebek bebk umumnya minta dipelahara di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Media tanamnya harus porous, bisa dibuat dari campuran antara compos dan pasir dengan perbandingan 3 : 1. Menyiram tanaman dilakukan jika media tanamnya sudah mulai kering sebab hika media tanam selalu basah dapat mengakibatkan pembusukan pada tanaman.

Jenis yang berbunga, setelah bunganya habis, potong tangkai bekas bunganya yang telah kering dan mati. Selain untuk menjaga keindahannya juga untuk merangsang bunga berikutnya.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar