Cara Mudah Membuat Peta Desa Dengan Google Earth dan ArcGIS

Cara Mudah Membuat Peta Desa Dengan Google Earth dan ArcGIS

Beberapa kali diminta bantuan untuk membuat peta desa oleh teman-teman saya, maka saya terpikir untuk membuat panduan atau tutorial cara mudah membuat peta desa ini, sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain atau jika ada teman yang bertanya, saya tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar. Cukup kirim saja link tulisan ini dan dibaca, ketika ada yang perlu ditanyakan barulah bertanya.

Peta desa merupakan gambaran seluruh desa di permukaan bumi dalam bidang datar dengan skala tertentu. Peta desa sangat penting buat suatu desa, apalagi desa yang baru dimekarkan. Dengan adanya peta desa maka akan mempermudah setiap tamu atau orang yang berkunjung ke desa untuk menjelajah desa dan sebagai informasi lengkap desa. Peta desa biasanya dipajang di kantor desa, mengingat setiap tamu atau pengunjung lebih sering pergi ke kantor desa untuk melapor di jam-jam kantor.

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum membuat peta desa adalah berkoordinasi dengan aparat desa tentang kejelasan pasti batas-bata desa. Hal ini harus dilakuakan dengan teliti hingga nanti menjadi peta sebab dapat menyebabkan konflik antara desa yang lain terkait batas.

Ini contoh salah satu peta desa yang pernah saya buat :

membuat peta desa

Beberapa panduan menggunakan google earth dan Arcgis telah saya tulis pada postingan-potingan sebelumnya, silahkan dilihat jika anda msaih mengalami kebingungan dalam proses pembuatan peta desa.

Silahkan dilihat :

Cara Mengetahui Koordinat Lokasi Menggunakan Google Earth

Cara Menyimpan Gambar Lokasi Dari Google Earth

Cara Memasukan Koordinat ke Google Earth untuk Mencari Lokasi

Kumpulan Tutorial ArcGIS 10.1 Lengkap

Panduan Membuat Peta Desa Menggunakan google earth dan arcgis
  1. Anggaplah kita kita telah mendapatkan batas-batas desa dengan tepat dari aparat desa. Batas desa disini dapat berupa jalan, rumah, pohon, jembatan atau apa saja yang mereka jadikan batas desa.
  2. Buka aplikasi google earth (melalui PC) dan simpan gambar citra satelit desa yang akan dibuat akan dipetakan.
  3. Buka arcgis, input gambar citra desa yang disimpan tadi
  4. Buat grid, skala dan keterangan
  5. Jangan lupa judul peta dan keterangan tanda batas desa yang tepat.
  6. Atur skala yang proporsional, artinya semua desa dapat terlihat dengan baik.
Membuat peta saat ini sebenarnya telah mulai dipetakan dengan menggunakan drone sebagai bentuk perkembangan teknologi. Namun, jika menggunakan drone butuh biaya yang lumayan menguras dompet. Bagi saya jika ada yang mudah, kenapa harus dibuat ribet. Satu lagi, kenapa saya menyarankan membuat peta desa menggunakan aplikasi google earth dan arcgis secara bersama-sama ? karena jika anda hanya menggunakan google earth, itu namanya denah bukan peta, sehingga diperlukan arcgis untuk menjadikanya sebuah peta. Perbedaan denah dan peta terletak pada grid, skala.

Semua panduan telah tersedia pada postingan saya di atas silahkan dilihat dan diterapkan, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan berkomentar di bawah. Pada dasarnya jika anda telah dapat menggunakan google earth dan arcgis maka untuk membuat peta desa sangatlah mudah dengan panduan-panduan yang telah ada.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar