Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris Dengan Bule Dari Inggris

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris Dengan Bule Dari Inggris

Saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara cepat belajar bahasa inggris menurut saya. Ada banyak orang yang mampu berbahasa inggris hanya dari pengalaman sering bertemu dengan orang luar negeri atau ada yang bekerja di luar negeri, anda pasti pernah mendengar hal itu atau mungkin pernah bertemu langsung dengan orang-orang tersebut.

Sewaktu masih menjadi mahasiswa, saya pernah mendampingi seorang bule perempuan dari inggris bersama kedua teman kampus untuk melakukan penelitian terkait perlindungan satwa yang masuk dalam kategori punah.

Lama kegiatan selama 2 minggu, jadi kami bertiga selama 2 minggu selalu bersama-sama dengan bule tersebut. Penelitian bersifat wawancara ke desa-desa. Kami menggunakan sebuah mobil dan pindah dari satu desa ke desa lain.

Kedua teman saya ini mampu berbahasa inggris dengan bule sedangkan saya tidak dapat berbicara dengan si bule yang masih lajang itu akibat belum mampu berbahasa inggris waktu hari pertama perjalanan.

belajar bahasa inggris

"kenapa tidak mendalami pelajaran bahasa inggris waktu sekolah ! akhirnya saat seperti ini jadi susah sendiri " ucap saya dalam hati.

Keinginan yang kuat untuk dapat berbicara bahasa inggris membuat saya akhirnya membeli buku percakapan bahasa inggris (conversation) untuk dipelajari selama melakukan pekerjaan. Untungnya lagi si bule juga tidak dapat berbahasa Indonesia. Lho kok untung ? iya jadi tugas saya mengajarkan dia berbahasa indonesia dan tugas dia mengajar saya berbahasa inggris selama bersama-sama.

Inti dari belajar berbicara bahasa inggris dengan bule di lapangan yaitu, apa yang dikatakan saya mengerti dan apa yang saya katakan dia juga mengerti maka tujuan berbicara bahasa dengan cepat selama dua minggu dapat tercapai.

Setiap hari berbicara bahasa inggris, salah atau benar urusan nanti, toh yang benar juga berawal dari salah hehe...

Tips untuk cepat belajar bahasa inggris ketika bersama bule :

Ini adalah cara belajar yang saya lakukan selama kurang lebih dua minggu bersama bule

1. Beli buku percakapan bahasa inggris

Banyak buku-buku pelajaran bahasa inggris tapi untuk dapat cepat berbicara bahasa inggris anda hanya memerlukan buku percakapan bahasa inggris. Dalam buku tersebut akan dibahas apa saja yang harus dikatakan selama beraktivitas sehari-hari. Misalnya ketika pagi hari bertemu dengan orang, apa yang dikatakan jika mau bertanya, pokoknya semua hal-hal umum dalam pembicaraan sehari-hari.

Jadi jika anda ingin cepat mampu belajar berbicara dalam bahasa inggris maka segeralah miliki dan pelajari buku percakapan bahasa inggris. Gambar dibawah ini adalah buku yang saya beli waktu itu :

belajar bahasa inggris

Banyak terdapat di toko buku dan harga terjangkau menurut saya sebab dapat juga dalam bentuk buku saku sehingga mudah dibawah kemana-mana.

2. Buat cacatan khusus

Selama belajar berbicara bahasa inggris, catatan khusus itu sangat penting. Disitu kalian dapat menulis kata atau kalimat yang mungkin susah bagi kalian untuk diucapkan atau diingat. Dengan menulis pada catatan khusus, anda dengan mudah melihat kembali untuk diucapkan hingga diingat. So... jangan lupa sediakan buku (agenda) buat catatan khusus atau mencatat kata-kata dan kalimat tertentu.

3. Banyak membaca buku yang dibeli

Anda telah membeli buku percakapan bahasa inggris, akan sia-sia jika anda tidak rajin membaca. Beruntungnya ketika bekerja bersama bule yaitu sambil baca langsung diucapkan.

4. Cari teman belajar

Jika anda tidak bersama-sama dengan bule, jangan khawatir ! cari teman anda yang juga suka belajar bahasa inggris nah dengan begitu kalian dapat saling belajar berbicara bahasa inggris setiap hari atau setiap bertemu.

Apakah anda punya tips lain ? silahkan berbagi melalui komentar di bawah
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar