9 Cara Agar HP Android Semakin Ringan dan Cepat Loading

9 Cara Agar HP Android Semakin Ringan dan Cepat Loading

Pembuatan HP android semakin berkembang dari waktu ke waktu, keluaran terbaru dengan tipe dan merek yang berbeda-beda pun terjadi sangat cepat dalam kurun setahun. Oleh karena itu, tidak heran jika hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya pengguna handphone berbasis android tersebut. Namun, apapun tipe atau merek HP android yang kita beli dan pakai, berapa pun harganya, tetap saja ada batas maksimal kerja dari perangkat tersebut, sehingga semakin lama digunakan kecepatan  akan semakin menurun. Hal ini juga mungkin dapat anda rasakan pada pengalaman selama menggunakan HP andorid.

HP android yang semakin lama semakin lambat bekerja merupakan hal yang sering terjadi. Ibarat sebuah perangkat atau perlatan yang digunakan, ketika alat semakin tua sering banyak mengalami masalah. Hal demikian adalah sebuah kewajaran, sehingga perlu perawatan yang baik dari pengguna.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi atau merawat HP android menjadi ringan dan tidak lambat dalam bekerja :

Pasang files go di HP

Perangkat files go ini dapat didownload melalui play store, dengan memakai files go akan mempermudah dalam mengatur sekaligus membersihkan slot-slot penyimpanan file pada HP. Aplikasi ini memiliki dua bagian yaitu stronge dan files. Kita dapat mengetahui berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa dengan menekan stronge.Selain itu, kita juga akan diarahkan untuk membuat dan mengatur ruang penyimpanan sekaligus mempermudah dalam menghapus cached pada data-data aplikasi di HP.

Lihat juga : Cara Terbaru Scan File Apa Saja Hanya Dengan Menggunakan Handphone (HP)

Salah satu penyebab hp menjadi lambat yaitu ruang penyimpanan atau memori yang hampir penuh, terutama pada memori bawaan hp sebab disitu tersimpan semua aplikasi data aplikasi yang tersimpan. Memeriksa sisa ruang penyimpanan perlu dilakukan agar mengindari hal ini, salah satunya juga termasuk menghapus chaced pada aplikasi.

Uninstal (hapus) Aplikasi yang Jarang Digunakan

Pada dasarnya memasang aplikasi di hp android merupakan suatu kebutuhan pengguna. Artinya aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna hp. Contoh aplikasi yang banyak digunakan seperti browser google, google maps dan GPS termasuk banyak aplikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Memasang aplikasi di hp memakai ruang penyimpanan, semakin banyak aplikasi semakin banyak juga memori penyimpanan hp yang terpakai. Oleh karena itu, hapus aplikasi yang tidak atau kadang digunakan demi menghindari kerja hp yang lambat.

Aplikasi yang jarang digunakan dapat dipasang kembali jika akan dibutuhkan dan hapus kembali ketika sudah tidak dibutuhkan lagi. Aplikasi yang selalu ada di hp yaitu yang selalu digunakan dalam kebutuhan keseharian.

Lihat juga : 2 Cara Mudah Menghapus Aplikasi di HP Android Bagi Orang Awam

Pasang Aplikasi Ringan di HP

Berbeda merek hp berbeda pula RAM atau kapasitas kecepatan pada hp. Disarankan menggunakan aplikasi yang ringan. Saat telah banyak developer bersaing dalam menyediakan aplikasi yang terbaik untuk pengguna android termasuk aplikasi yang kecil kapasitasnya.

Darimana dapat mengetahui aplikasi ringan ? ketika mendownload aplikasi yang akan dipakai, akan muncul banyak aplikasi sejenis yang kita inginkan. Lihat kapasitas (MB) yang paling kecil. Nah, itulah termasuk dalam kategori aplikasi ringan.

Update Aplikasi di HP

Jangan ketinggalan menggunakan aplikasi terupdate sebab prinsipnya aplikasi yang telah diupdate pasti mengalami perubahan lebih baik dari aplikasi sebelumnya. Biasakan melakukan pengecekan aplikasi terupdate, dapat melaui hp anda sendiri atau bertanya pada teman-teman dan saudara yang selalu update aplikasi di hpnya.

Home Screen

Lebih baik menggunakan walpaper biasa bawaan hp dari pada memakai live walpaper. Memang live walpaper lebih menarik akan tetap bisa saja menggaggu kinerja dari pada hp. Apalagi jika hp kita hanya memiliki RAM yang standar.

Penggunaan Background HP

Aplikasi-aplikasi yang berfungsi sebagai latar belakang cukup banyak menguras batrei, ingat batrei yang lemah juga dapat menganggu kinerja hp. Maka menjaga agar batrei selalu awet juga perlu. Nah, gunakan background yang tidak banyak memakai sumber daya batrei, itu lebih baik.

Jangan Lupa Matikan Bluetooth

Terkadang kita sering lupa memeriksa bluetooth, apakah sudah nonaktifkan atau belum sehabis digunakan untuk mengirim file. Bluetooth yang lupa dimatikan juga cepat menguras sumber tenaga hp.

Hapus Aplikasi Optimasi Batrei

Aplikasi optimasi batrei menurut saya tidak efektif, malah semakin menambah penggunaan tenaga batrei pada hp. Bukan manfaat yang didapat tapi iklan yang semakin banyak bermunculan. Hapus saja, biarkan bawaan hp untuk merawat batrei melalui pengguna(kita).

Penggunaan Launcher

Banyak launcher yang dibuat oleh vendor kadang membuat penamlilan ponsel menjadi lambat. Jika anda tetap ingin menggunakannya mak coba diganti dengan launcher yang ringan seperti Google Now Launcher.

Demikian cara-cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hp android yang lambat bekerja dan lambat loading. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar