Bertemu Semangat Baru di Dalam Wajah Basic Training (LK1) Himpunan Mahasiswa Islam

Bertemu Semangat Baru di Dalam Wajah Basic Training (LK1) Himpunan Mahasiswa Islam

Telah hilang suara nyanyian yel-yel penyemangat Mahasiswa Baru (MaBa) dari arah beberapa kampus dimanado, sekaligus menandahkan bahwa mereka telah hatam dalam mengenal seluk-beluk dunia kampus.

Tidak mau tertinggal. Organisasi internal dan eksternal kampus mulai kembali meneriakkan selogan penyunjung perjuangan yang digariskan luruskan pada setiap ideologinya masing-masing.

Sekaligus menandakan aktifitas perekrutan anggota baru organisasi juga telah dibuka, adapun yang terbilang cukup sigap membaca lapangan perekrutan dan peluang pelaksanaan maka dapat melaksanakan kegiatan perkaderan secepatnya.

Basic Training 1 (BasTra-1) merupakan aktivitas perkaderan calon anggota baru, khususnya oleh organisasi Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Manado. Dilaksanakan pada 17-19 Agustus 2018 bertempat di Sekretariat DPD KNPI SULUT.
Dalam kegiatan demikianlah saya diberikan kesempatan menjadi pemateri sehingga dapat bertemu berkenalan langsung dengan anak-anak muda dari beragam kampus maupun daerah.

Dalam pertemuan kalah itu terpandang wajah polos dibaluti aura kebingungan penuh tanda tanya, namun penuh juga dengan semangat positif. Saya tidak melihat pada seseorang saja melainkan terdapat pada semua yang datang sebagai peserta yang duduk berhadapan dengan saya saat itu.

Anak-anak muda yang penuh semangat kebebasan, memberanikan diri beranjak pergi menjauh dari kehangatan bunda dan kedamaian sang ayah, demi memanjat memetik buah pohon ilmu pengetahuan di tempat yang lebih tinggi. Mengharuskan mereka melepas kenikmatan itu sejenak demi ilmu pengetahuan

Tidaklah terbayangkan betapa mereka bisa mengatasi sedih mereka, dengan lebih memilih fokus pada tujuan awal mengenal sumber ilmu, mencari ilmu  sebanyak-banyaknya ditanah rantau dan memilih datang pada HMI sebagai pilihan berauo ilmu. Maka HMI turut berbangga Tetapi janganlah lupa mereka menaruh harapan besar pada HMI.

Anak-anak muda yang penuh semangat kalah itu terlebih sebagian besar mereka yang datang mengikuti perkaderan HMI. Berasal dari luar kota manado bahkan dari luar Sulawesi Utara. Yang datang melanjutkan study pada perguruan tinggi swasta maupun negeri di Kota Manado.

Memang disisi lain sebagian belum yang menyadari tentang adanya tempat meningkatkan potensi diri selain dunia kampus seperti organisasi ekternal kampus misalnya HMI, PMII, GMNI, GMKI, KAMMI dan lainnya. Tentu ini bukanlah kesalahan melainkan sebuah pilihan.

Teruntuk mereka yang dinyatakan lulus dan sah menjadi anggota HMI dalam Basic Training 1 kemarin. Selamat, Berbahagialah. Kalian telah memiliki kesempatan meraup ilmu dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Islam lebih dulu dibandingkan dengan sebagian anak-anak muda lainnya.

Jangan malas mencari.

Jangan malas bertanya.

Selamat bergabung di Rimba Hijau Hitam.


Penulis: Awin Buton
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar