5 Tips Memilih Pintu Kamar Mandi Agar Tidak Mudah Rusak dan Berpenampakan Jelek

5 Tips Memilih Pintu Kamar Mandi Agar Tidak Mudah Rusak dan Berpenampakan Jelek

Dalam sebuah rumah, kamar mandi merupakan sebuah ruangan khusus yang butuh perawatan khusus yang berbeda dengan ruangan lain seperti rung tamu dan kamar. Keadaan kamar mandi yang lembab mengharuskan kita untuk sangat berhati-hati dalam pemilihan pintu supaya tahan lama, tidak mudah rusak dan memanjakan mata ketika melihatnya.

Pentingnya pemilihan pintu kamar mandi yang baik dan tahan lama dapat juga menambah nilai keindahan ruangan rumah, khususnya kamar mandi ketika dilihat dari luar.

Untuk memilih pintu kamar mandi yang tepat, anda dapat menerapkan 5 tips berikut ini :

1. Bahan pembuatan pintu kamar mandi

kayu merupakan bahan yang sering digunakan dalam perabot dan desain rumah tangga seperti pintu rumah dan jendela termasuk juga interior lain. Tapi tahukah anda jika kayu tidak cocok sebagai bahan dasar pembuatan pintu kamar mandi karena keadaan yang lembab dapat membuat kayu mengembang, melengkung dan yang sering terjadi yaitu cepat lapuk.

Pemilihan bahan material pintu kamar mandi yang baik yaitu berbahan metal atau fiberglass agar dapat mengatasi masalah-masalah di atas apalagi jika anda memiliki kamar mandi yang ruang ventilasinya kurang baik, sebab akan tinggi kelembapannya.

2. Perhatikan arah pintu di tutup dan dibuka

Kamar mandi memiliki luasan yang tidak menentu, ada yang berukuran besar dan kecil. Besar atau kecil ruangan di rumah anda pemilihan arah penutup pintu juga perlu dilakukan sebab hal ini juga berpengaruh ketika akan memasang kusen, engsel dan gagang pintu.

Pada ruangan rumah yang minimalis, alangkah baiknya menggunakan pentup pintu kamar mandi yang dapat dibuka/dengan dengan cara digeser agar lebih mengehmat ruangan, bahkan desain ruangan yang cukup luas juga dapat menggunakannya sebab tidak ribet dan lebih praktis.

3. Memilih Satu Set Pintu Kamar Mandi dengan Kusen

Saat mendesai atau mengatur tata ruang di rumah anda dalam memilih pintu kamar mandi sebaiknya sepasang dengan kusen agar mempermudah ketika dipasang, nilai estetikanya dapat dan memudahkan anda dalam perencanaan desain ruangan sejak awal.

4. Bandingkan beberapa jenis pintu kamar mandi

Dalam memilih pintu kamar mandi, jangan hanya menggunakan satu opsi pilihan jenis pintu sebab di luar sana banyak sekali yang menyediakan beragam jenis pintu kamar mandi. Apapun bahan pembuatan pintu anda akan menemukan mulai dari kwalitas mulus sampai berpanel. Beberapa pilihan menarik yang dapat anda pilih yaitu meterial baja atau fiberglass contohnya, desain embossed hingga mimmic pintu termasuk pilihan yang menarik.

5. Finising Pintu untuk dipilih

Di pasaran terdapat berbagai jenis pintu dalam wujud sudah dipoles (Finising) dan belum dipoles (Unfinising). Jika membeli pintu yang telah dicat biasanya anda akan mendapatkan garansi yang lebih lama. Kecuali pintu kamar mandi jenis fiberglass sebab pintu dengan bahan mirip plastik ini biasanya tekah dibentuk dengan baik hingga tidak lagi memerlukan finishing bahkan warna, corak dan gambar pada pintu kamar mandi tersebut pun telah permanen.

Silahkan memilih pintu kamar mandi dengan baik sesuai selera anda, semoga tips-tips memilih pintu kamar mandi di atas dapat membantu anda dalam menentukan pilihan pintu kamar mandi.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar