Teori Bumi Datar atau Dunia Datar ?

Teori Bumi Datar atau Dunia Datar ?

Pada tahun lalu cukup ramai dengan munculnya kelompok teori bumi datar. Berbagai perdebatan mulai terjadi dengan dasar teori dan contoh-contohnya. Namun hingga saat ini teori bumi datar hanyalah sebuah sensasi imajinasi yang dinikmati oleh sekelompok orang sambil mencari sensasi.

Sejak zaman dahulu kita telah diajarkan bahwa bumi itu bulat. Bahkan dicontohkan dengan perjalanan sebuah kapal di tengah laut yang mendekati pulau, dari belum nampak pulau hingga melihat pulau. Maka hal itu telah menjelaskan bahwa bumi itu bulat bukan datar. Bahkan dari foto-foto citra satelit juga terlihat dengan jelas bahwa bumi itu bulat bukan datar.

Bukan Bumi yang Datar tapi Dunia

Menurut saya, sebenarnya bukan bumi yang datar tapi yang datar adalah dunia. Saya pernah ditanya oleh seorang ponakan via mesengger terkait teori bumi datar. Penjelasan yang saya sampaikan yaitu bumi itu tidak datar tapi yang datar itu dunia.

Ponakan saya kebingumgan dan kembali bertanya " jadi bumi dan dunia itu berbeda ya ?"

" Iya, berbeda" jawab saya singkat.

Bumi merupakan salah planet dalam tata surya yang didiami berbagai jenis mahkluk hidup sedangkan dunia adalah suatu lingkungan atau situasi tertentu yang berada pada saat itu.

Contohnya dunia pendidikan, dunia kampus, dunia olahraga, dunia anak-anak dan masih banyak lagi dunia.

Kenapa Dunia Datar ?

Kebetulan ponakan saya adalah seorang mahasiswi jadi saya contohkan jika anda pergi ke dunia kampus dan anda berdiri pada tempat atau lapangan maka itulah yang dikatakan dunia itu datar atau dunia kampus itu datar menurut anda sebab anda sedang berdiri di lapangan. Jika seorang mahasiswa berdiri di kemiringan maka dia akan mengatakan dunia kampus itu miring.

Oleh sebab itu dalam ilmu ukur kemiringan lereng atau ilmu eksakta dikenal dengan istilah datar, landai, agak curam, curam dan sangat curam. Jadi yang datar itu bukan bumi tapi dunia, iyakan !
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar