Sukses itu Relatif Bukan Sesuatu yang Pasti Dengan Standar

Sukses itu Relatif Bukan Sesuatu yang Pasti Dengan Standar

Sukses itu relatif jadi berhentilah menganggap diri sukses berdasarkan omongan orang lain. Pernah dengar candaan seorang teman kepada anda ? " Ehh, uda makin sukses aja sekarang !". Ya candaan seperti itu bukan hanya anda, saya juga bosan mendengar kata itu, kata sukses yang selalu jadi bendera tolak ukur banyak orang terkait pencapain keberhasilan.

Arti dari relatif adalah sesuatu yang belum pasti berdasarkan penilaian/pendapat orang masing-masing. Mengapa sukses itu raltif ? sebab mungkin menurut pandangan atau penglihatan orang lain kita atau orang tersebut telah sukses, bisa juga penilaian sebagian orang lain juga dia belum sukses bahkan menurut dia sendiri masih jauh dari kata sukses.

Pada sebagian orang, kata sukses dihubungakan dengan suatu bentuk pencapaian kerja, sering juga dalam bahasa politik disebut elektabilitas. Namun, ada juga sebagian orang yang menghubungkan kata sukses dengan kebahagiaan. Anda yang mana ?

Kalau saya, keduanya haha... pencapaian usaha dan kebahagiaan. Itulah yang menyebabkan kesuksesan itu sebuah yang relatif. Mungkin sebagian orang menilai anda sukses dari sudut pandang pencapaian anda. Misalnya telah memiliki pekerjaan, memiliki rumah, motor atau mobil. Apakah anda merasa sukses seperti ? jika berarti benar penilaian orang tentang kesuksesan anda.

Lihat juga :

Predikat Cum Laude Bukan Jaminan Kesuksesan

Konsisten, Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Berdoa Dalam Kehidupan

Namun ada juga orang yang dengan pencapaian seperti di atas mereka belum merasa sukses jika sudut pandang sukses mereka adalah kebahagiaan. Rumah, motor dan mobil masih cicil misalnya. Menandung angsuran perbulan, hal itu menjadi bayangan yang menghantui sewaktu-waktu bisa saja kita tak mampu membayar dan semuanya hilang.

Sukses itu tak ada standar ! ada orang yang terlihat kehidupannya mewah tapi belum tentu sukses. Sebaliknya ada yang kehidupan sederhana dengan serba kecukupan bagi mereka telah sukses. Jadi jangan pernah bangga apalagi sombong jika dikatakan sukses oleh sebagian orang. Bisa saja orang yang terlihat biasa saja lebih seukses dari kita.

Berbicara tentang sukses, arahnya akan berhubungan dengan sejahtera. Kata sejahtera dan sukses memiliki keterkaitan erat dalam kehidupan manusia dan itu nanti saya usahakan tulis pada postingan-postingan berikutnya. Jika ingin mengikuti blog ini bersama saya dengan semua tulisan terbaru, silahkan subscribe sebelah kanan blog (jika pakai desktop) dan di sebelah bawah (jika pakai mobile), thanks before.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar