Sukses dan Sejahtera pada Rasa

Sukses dan Sejahtera pada Rasa

Sesuai perkataan saya pada paragraf akhir tulisan Sukses itu Relatif Bukan Sesuatu yang Pasti Dengan Standar bahwa saya akan berusaha menulis tentang perbedaan sukses dan sejahtera, maka pada postingan ini saya merealisasikannya. Disini saya hanya sedikit membahas tentang sukses karena anda telah membacanya pada tulisan di atas dan fokus pembahasannya ke sejahtera saja ya.

Pengertian Sejahtera menurut wikipedia memiliki beberapa makna diantaranya yaitu :

1. Dalam istilah umum, sejahtera menunjuk ke keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaan sehat dan damai.

2. Dalam ekonomi, sejahtera dihubungkan dengan keuntungan benda. Sejahtera memliki arti khusus resmi atau teknikal (lihat ekonomi kesejahteraan), seperti dalam istilah fungsi kesejahteraan sosial.

3. Dalam kebijakan sosial, kesejahteraan sosial menunjuk ke jangkauan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ini adalah istilah yang digunakan dalam ide negara sejahtera.

Saya sengaja menampilkan pengertian sejahtera secara umum menurut wikipedia di atas agar anda dapat membuat perbandingan dengan apa yang saya jelaskan di bawah, sehingga kesimpulan dapat anda buat setelah selesai membaca.

Sejahtera menurut saya adalah keadaan dimana segala kebutuhan kita telah terpenuhi dengan baik. Perlu digaris bawahi kata kebutuhan sebab kita hanya berbicara tentang apa yang kita butuh bukan apa yang kita inginkan. Oleh karena itu, saya lebih tertarik menghubungan arti sejahtera dengan kebutuhan primer atau kebutuhan yang harus dipenuhi.

Catatan : kebutuhan apa adalah apa yang kita benar-benar perlukan sedangkan keinginan hanya memenuhi kebutuhan hawa nafsu kita dan bukan kebutuhan yang prioritas. Contohnya sudah memilikimobil Avansa tapi karena keinginan maunya ganti Pajero dan masih banyak contoh lainnya.

Apa kebutuhan yang harus dipenuhi dalam konteks sejahtera ?

Sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (tempat tinggal) merupakan kebutuhan utama yang harus terpenuhi, seseorang mendapat predikat sejahtera jika semua kebutuhan utama telah terpenuhi dengan baik hingga berada dalam keadaan sehat dan bahagia atau damai. Selama kita mampu mengendalikan keseimbangan antara kebutuhan dan keiginan maka akan baik-baik saja tapi sebaliknya ketika kita menjadi tamak akan keinginan maka kesejahteraan tadi akan hilang dengan sendirinya.

Ada seorang yang hampir sebagian besar kebutuhan hidupnya terbebani dengan angsuran bulanan. Seperti rumah, mobil dan motor.

Apakah dia sukses ? sudah pasti tidak, mungkin hanya penilaian orang lain bahwa dia sukses

Apakah dia sejahtera ? tidak juga

Sukses merupakan sesuatu yang relatif sedangkan sejahtera adalah suatu kondisi yang pasti dalam artian indikatornya jelas, punya rumah, pakaian dan makanan yang cukup. Persamaan dari sukses dan sejahtera hanya pada kehidupan dimana tidak penuh beban, utang atau angsuran. Dengan begitu kebahagiaan akan pasti diraih dalam kehidupan.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar