4 Ciri-Ciri Dasar Ilmu Pengetahuan Serta Pengertiannya

4 Ciri-Ciri Dasar Ilmu Pengetahuan Serta Pengertiannya

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI menjelaskan ilmu pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menguraikan gejala-gejala pengetahuan tertentu.

Bahasa indonesia mengenal ilmu pengetahuan yang memilik arti Ilm dalam bahasa arab, Scientia dalam bahasa latin dan science, dalam bahasa inggris. Maka ketika ingin menguraikan bagaiman ilmu pengetahuan dapat di asumsikan kebenaranya ialah dengan ciri-ciri sebagai berikut :

1. Ilmu pengetahuan bersifat objektif 

Artinya ilmu pwngtahuan mempelajari salah satu aspek dari kenyaataan sebagai objeknya. Dengan menggunakan teori, metodelogi tertentu. Maka kajian ilmu pengetahuan akan tiba pada kebenaran yaitu kesesuaian antara konsep atau teori kita dan kenyataan sebagaiman terbukti dengan metode yanh digunakan. Secara sederhana kecocokan dengan fakta bukan hanya pandangan subjektifitas kita saja.

2. Ilmu pengetahuan bersifat metodis

Dengan membutuhkan metode atau prosedur yang diakui sehingga tak terjadi penyimpanagan dalam menentukan kebenaran. Tanpa metode kita akan menjelaskan sesuatu penemuan dengan berantakan, ngawur tanpa arah yang ditempuh. Maka pembuktian teori membutuhkan pembuktian berdasarkan metode ilmiah.

3. Ilmu pengetahuan bersifat sistematis

Maksudnya pengkajian ilmu pengetahuan mengenai sebuah objek haruslah mengikuti suatu teori secara cermat untuk menghindari terlewatnya suatu pembahasan secara logis dan memperhatikan hubungan sebab akibat dan menghasilkan urutan yang menyeluruh dan terpadu.

4. Ilmu pengetahuan mengklaim kebenaran universal

Demikian ilmu pengetahuan yang dicapai haruslah menjadi kebenaran yang dapat diterimah secara umum(universal).

Dari definisi dan ciri-ciri ilmu pengetahuan tentulah kita belum melihat perbedaan antara ilmu-ilmu sosial budaya dan ilmu alam. Meskipun demikian, secara filsofis dari keempat ciri-ciri diatas dapat kita asumsikan bahwa hakikat ilmu pengetahuan adalah sebuah kebenaran yang terdiri dari teori dan metode.

Penulis: Awin Buton
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar