8 Parameter Kualitatif Komunitas Tumbuhan Serta Penjelasannya Masing-Masing

8 Parameter Kualitatif Komunitas Tumbuhan Serta Penjelasannya Masing-Masing

Parameternya kualitatif dalam analisis komunitas tumbuhan untuk kepentingan analisis komunitas tumbuhan diperlukan parameter kualitatif, hal ini sesuai dengan sifat komunitas tumbuhan itu sendiri bahwa dia memiliki sifat kualitatif dan kuantitatif. Beberapa parameter kualitatif komunitas tumbuhan antara lain fisiognomi, fenologi, stratifikasi, kelimpahan, penyebaran, daya hidup, bentuk tumbuh dan periodisitas (Gopal dan Bhardwaj 1979).

Berikut ini macam-macam parameter tumbuhan serta penjelasannya :

1. Fisiognomi

Fisiognomi adalah penampakan luar dari suatu komunitas tumbuhan yang dapat dideskripsikan berdasarkan kepada penampakan spesies tumbuhan dominan, penampakan tinggi tumbuhan dan warna dari tumbuhan yang tampak oleh mata.

2. Fenologi

Fenologi adalah perwujudan spesies pada setiap fase dalam siklus hidupnya. Bentuk dari tumbuhan berubah-rubah sesuai dengan umurnya sehingga spesies yang sama dengan tingkat umur yang berbeda akan membentuk struktur komunitas yang berbeda pula. Begitu juga dengan spesies yang berbeda pasti memilik fenologi yang berbeda pula sehingga keanekargaman spesies dalam suatu komunitas tumbuhan akan menentukan struktur komunitas tersebut.

3. Perioditas

Perioditas adalah kejadian musiman dari berbagai proses dalam kehidupan tumbuhan. Kejadian musiman pada tumbuhan dapat ditunjukkan oleh perwujudan bentuk daun dam ukurannya, masa pembungaan, masa bertunas dan peluruhan buah dan biji.

4. Stratifikasi

Stratifikasi adalah distribusi tumbuhan dalam ruang vertikal. Semua spesies tumbuhan dalam komunitas tidak sama ukurannya secara vertikal tidak menempati ruang yang sama. Stratifikas tumbuhan di bagian atas tanah berhubungan dengan sifat spesies tumbuhan untuk memanfaatkan radiasi matahari yang diterima dan memanfaatkan ruang menurut keperluan yang berbeda-beda. Pada ekosistem hutan stratifikasi tersebut terbentuk dalam susunan tajuk pohon-pohon arah vertikal yang menduduki kelas pohon dominan, pohon tidak dominan, pohon tengah, pohon tertekan dan pohon bawah.

5. Kelimpahan

Kelimpahan adalah parameter kualitatif yang mencerminkan distribusi relatif spesies organisme dalam komunitas. Kelimpahan pada umumnya berhubungan dengan densitas berdasarkan penaksiran kualitatif. menurut penaksiran kualitatif kelimpahan dapat dikelompokkan menjadi lima yaitu :

a. Sangat jarang
b. Kadang-kadang atau jarang
c. sering atau tidak banyak
d. Banyak atau berlimpah-limpah, dan
e. Sangat banyak atau sangat berlimpah

6. Penyebaran

Penyebaran adalah parameter kualitatif yang menggambarkan keberadaan spesies organisme pada ruang secara horizontal. Penyebaran dikelompakkan pada tiga bagian antara lain : random, seragam dan berkelompok.

7. Daya Hidup

Daya Hidup atau disebut juga Vitalitas adalah tingkat keberhasilan tumbuhan untuk hidup dan tumbuh normal serta kampuan untuk bereproduksi. Daya hidup juga sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan spesies tumbuhan dalam beradaptasi terhadap kondisi di tempat tumbuhnya.

8. Bentuk Pertumbuhan

Bentuk pertumbuhan adalah penggolongan tetumbuhan menurut bentuk pertumbuhannya, habitat atau menurut karakteristik lainya. Bentuk pertumbuhan yang umum dan mudah disebut misalnya pohon, semak, perdu, herba dan liana.

Demikian 8 Parameter Kualitatif Komunitas Tumbuhan Serta Penjelasannya Masing-Masing, semoa bermanfaat.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar