Baca Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Beralih ke Template AMP

Baca Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Beralih ke Template AMP

Pada postingan sebelumnya tentang template AMP telah saya tulis pada artikel jangan pernah ganti template blog AMP jika ragu-ragu dan pada postingan saat ini saya lebih spesifik membahas tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan template AMP pada blog terutama pada platform blogspot.

Template AMP atau Accelerated Mobile Pages merupakan desain template atas kebijakan google dalam memenuhi kebututahan pengguna internet via mobile. Dimana saat ini semakin meningkatnya pengguna google yang menikmatinya melalui handphone.

Blog dengan template AMP dapat menjawab kebutuhan itu, sebab AMP dikhususkan untuk mobile dengan tampilan dan ukuran yang baik sesuai kebutuhan. Hingga saat ini, telah banya blog atau website yang mulai menggunakan template AMP, namun bagi anda yang baru mengenal atau belum pernah menggunakannya, alamgkah baiknya kenali dulu segala kekurangan dan kelebihan ketika mengganti template blog AMP.

4 Kelebihan Menggunakan Template AMP di Blog

Jika anda berencana memakai template AMP di blog maka inilah kelebihan yang akan diperoleh :

1. Blog/Website Semakin Ringan dan Cepat

Keuntungan template AMP yaitu blog kita akan menjadi sangat ringan dan cepat diakses oleh pengguna mobile yang ada. Blog kita akan mudah diketahui fast respon oleh pengguna karena ketika mereka melakukan searchingmenggunakan handphone/mobile blog/website kita akan bertanda petir. Dengan begitu blog anda akan semakin terlihat profesional dan keren. Anda juga dapat mengecek kecepatan lebih detail pada PageSpeed Insights - Google Developers dengan tampilan mobile dan desktop.



2. Pengunjung Meningkat

Kecepatan blog juga mempengaruhi banyaknya visitor pada blog, dengan akses blog yang ringan dan cepat membuat pengunjung lebih betah berlama-lama di blog kita sekaligus blog kita mudah bersaing di page one google.

3. Tampilan Blog Lebih Rapi dan Sederhana

Selain dari kecepatan blog yang semakin baik, tampilan dan desain blog juga terlihat sangat rapi dan sederhana. Hal itulah yang saya rasakan ketika mulai mengganti template AMP pada blog ini dan saya termasuk blogger yang sangat menyukai tampilan blog simple dan menarik. Kadang juga menurut saya blog yang terlalu banyak menampilkan widgetnya malah terlihat tidak teratur dengan baik.

4. Jumlah Klik Iklan Meningkat

Hal ini berlaku bagi anda pulisher adsense yang menampilkan iklan google adsense di blog. Dengan tampilan blog yang simple dan rapi membuat iklan lebih terlihat oleh pengunjung maka dengan sendirinya peluang klik pada iklan akan semakin tinggi. Selain itu ukuran iklan juga dapat sesuaikan dengan keinginan kita sebab desain template AMP juga telah merancang khusus untuk penempatan iklan di blog dengan baik.

4 Kekurangan Memakai Template AMP di Blog

Berikut adalah kekurangan yang akan anda hadapi ketika mengganti template AMP pada blog:

1. Mengedit Semua Postingan Blog

Kekurangan yang pertama ini mungkin membuat anda akan berpikir seribu kali untuk mengambil keputusan mengganti blog AMP. Anda harus mengedit semua postingan pada blog anda satu per satu sebab postingan yang pada template non AMP akan invalid ketika mengganti template AMP. Maka cara satu-satunya yaitu merubah semua postingan supaya valid AMP. Beruntunglah anda jika postingan belum banyak tapi jika postingan blog anda sudah ratusan atau ribuan, maka silahkan pikirkanlah kembali. Saya mengedit ratusan postingan blog ini saat mengganti template AMP hehe.

Hal ini hanya berlaku pada blog dengan platform blogspot seperti yang saya katakan di atas. Namun pada platform wordpress, anda cukup menginstal aplikasi AMP.

2. Mengedit Setiap Membuat Postingan

Pada template non AMP, ketika akan membuat postingan kita dapat langsung menulis, memasukan gambar dan mempublikasi. Berbeda dengan blog AMP, setiap postingan yang akan dipublish harus valid AMP. Oleh karena itu kita tidak dapat asal membuat postingan seperti blog pada umumnya. Mulai dari huruf, coding-coding gambar dan sampai ukuran gambar juga harus diedit terlebih dahulu.

3. Belum Mendukung Banyak Widget Blog

Hal yang saya rasakan dalam memakai template AMP, blog belum mendukung banyak widget bawaan blogspot. Ketika mengganti widget-widget yang ada, sering mengalami invalid AMP, mungkin hal itulah yang membuat tampilan blog lebih sederhana dan rapi. Saya sendiri menyukai tampilan blog seperti ini, oleh karena itu saya menjadi nyaman memakai AMP.

4. Sangat Sensitif Invalid

Template AMP dapat saya katakan sangat sensitif, apalagi seperti saya yang sering edit sana-sini, kesalahan script sedikit saja muncul keterangan invalid AMP. Jadi kita harus hati-hati mengutak-atik blog kita jika telah beralih menjadi blog AMP.

Untuk tools yang dapat digunakan mengecek valid dan invalid anda dapat mendownloadnya di ekstensi Chrome karena telah tersedia dengan nama AMP VALIDATOR, ketika berwarna hijau berarti Valid AMP tapi jika berwarna merah berarti Invalid AMP. AMP Validator akan berada di bagian kiri atas ketika dipasang.



Itulah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan template AMP pada blog yang dapat anda ketahui sebelum mengambil keputusan mengganti template AMP pada blog/website anda.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar