Jangan Takut Pasang Iklan Adsense BPK Rendah Sebab Tidak Merugikan

Jangan Takut Pasang Iklan Adsense BPK Rendah Sebab Tidak Merugikan

Sebagian blogger publisher google adsense terlihat takut memasang iklan yang Biaya Per Klik (BPK) nya kecil, padahal menurut saya tidak akan merugiakan dalam perhitugan jumlah klik dan berapa BPK dari tiap iklannya.

Beberapa blogger yang berteman  di media sosial menyarankan untuk membuka iklan di blog yang nilai  BPK kecil. Biasanya iklan yang nilai kliknya kecil yaitu iklan tautan dan match conten. Pada awalnya saya juga melepas semua iklan yang memiliki nilai klik rendah dan hanya membiarkan iklan yang bernilai klik tinggi. Berdasarkan pengalaman iklan yang bernilai klik tinggi biasanya berukuran besar seperti 336 x 280, 300 x 250 dan 300 x 600.

Muncul rasa penasaran saya terkait hasil penjumlahan pundi-pundi rupiah yang didapat pada perbedaan nilai klik tersebut, maka saya mulai melakukan eksperimen menghitung penghasilan adsense dengan nilai BPK yang berbeda-beda pada tiap iklan.

Perhitungan Nilai Klik Adsense dan Hasil Rupiah yang Didapat

Pada hari ini nilai BPK iklan-iklan saya sebagai berikut :

Responsive_Biru Rp 418

Responsif Rp 170

Match Conten Rp 85

Jumla klik iklan yang diperoleh waktu itu 17 klik

Dengan BPK rata-rata Rp 278. Nilai klik rata-rata adalah perhitungan google adsense dari seluruh nilai BPK dari iklan yang ada blog dan itu hanya google yang menghitungnya.

Ketika itu, jumla klik yang diperoleh sebanyak 17 dengan penghasilan sementara sebesar Rp 4726. Nah, dimana pengaruh iklan dengan BPK kecil ? mari kita lihat.

Dari 17 jumlah klik iklan terbagi dari :

9 klik iklan Responsive_Biru dikali dengan BPK 418 = 3762

5 klik iklan Match Conten, dikali dengan BPK 85 = 425

3 klik iklan untuk Responsif, dikali dengan BPK 170 = 510

Jumlah klik total dari 17 klik adalah Rp 4697

Berarti dapat disimpukan bahwa hasilnay sama saja mau iklan BPK kecil di copot atau tidak dari blog kita, tida ada pengaruhnya menurut saya. Logika sederhananya begini, google menghitung nilai klik per iklan jadi berapa pun BPK per iklan pasti akan dihitung berdasarkan jumla klik iklan tersebut. Kenapa hasil perhitungan Rp 4697 sedangkan hasil yang diperoleh Rp 4726 ? karena disitu bukan hanya nilai klik yang dihitung tapi nilai penayang iklan. Google adsense membayar bukan hanya pada nilai klik tapi juga banyaknya tampilan iklan.

Jadi, saran saya pasang saja iklan yang biaya per kliknya kecil, mala akan lebih menguntungkan juga dari pada tidak ada yang mengklik iklan.Apalagi seperti iklan match conten dan link tautan yang banyak memiliki potensi klik, bairkan saja di blog sebagai tambahan pundi-pundi rupiah. Dari pada kita mengganti dengan iklan BPK tinggi tapi tidak ada yang klik !

Mungkin jika blog/web besar yang sudah memiliki jumlah visitor ratusan ribu bahkan jutaan, dapat dengan mudah tanpa pikir panjang mencopot iklan dengan BPK rendah sebab mereka tetap pendapatkan keuntungan tapi bagi blog yang masih tergolong biasa saja, saya sarankan agar tetap saja memasang iklan yang biaya per kliknya rendah sebab tidak merugikan juga.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar