Faktor-Faktor Internal Perubahan Sosial Masyarakat

Faktor-Faktor Internal Perubahan Sosial Masyarakat

Selamat malam semua teman-teman pembaca.Faktor internal adalah faktor yang bisa menjadi sebuah ruang dan menjadi penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri, Berikut beberapa faktor yang menjadikan suatu perubahan sosial budaya dari dalam masyarakat yang bisa mengakibatkan terjadinya perubahan sosial.

Berikut ini beberapa uraianya :

Peningkatan Jumlah Penduduk

Fenomen yang wajar jika perubahan sosial terjadi akibat dari jumlah penduduk suatu daerah atau negara. Maka sebagian negara mengambil langkah mengontrol pertumbuhan penduduk, terlebih jika hal ini dilihat dari segi kebutuhan seseorang baik itu jasa, barang serta anggota dalam suatu masyarakat yang menyebabkan suatu kebutuhan pokok menjadi meningkat. Dan dalam mengatasi hal, karenanya perlu untuk menjaga keseimbangan yang mana paling penting yang perlu dibutuhkan dan juga penting untuk menjaga kelestarian agar produksi bisa bertambah.

Seperti contoh yaitu, didalam suatu wilayah pertanian memiliki penghasilan kebun yang melimpah ruah, namun adanya kebutuhan jasa dan juga barang pada masyarakat, maka pada akhirnya lahan perkebunan menjadi tergantikan oleh adanya pabrik dan juga perumahan yang dibangun.

Tentunya hal ini mengakibatkan kurangnya penghasilan perkebunan, banyaknya pekerja yang dari petani menjadi buruh pabrik, serta banyaknya perumahan yang dibangun seperti kota, sehingga hal ini menjadikan kepadatan penduduk. Otomatis perubahan sosial budaya kemungkinan besar akan terjadi secara mutlak.

Adanya Penemuan Yang Baru

Terjadinya suatu perubahan sosial budaya juga diakibatkan adanya penemuan yang baru dan canggih didalam masyarakat. Dan jika hal ini dilakukan secara terus meneru maka akan mengakibatkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk bisa berkumpul bersama dengan teman-teman atau suatu kelompok yang tentunya hal ini menjadikan kurangnya rasa sosial terhadap lingkungan masyarakat.

Memang kecanggihan teknologi menjadi suatu hal yang cukup menggembirakan bagi banyak orang, namun tak sedikit yang menganggap bahwa kemajuan ini malah menjadi berkurangnya rasa sosial. Karenanya, pentin untuk membatasi adanya penggunaan atau menyeimbangkan kebutuhan dan kesenggangan.

Terjadi Konflik Dalam Masyarakat

Dalam bukunya Karl Max mengatakan konflik masyarakat menjadi faktor dari terjadinya perubahan sosial budaya, seperti contohnya yaitu terjadinya suatu perubahan Orde dalam era kepemerintahan beberapa waktu silam. Selain itu contoh yang nyata seperti saat terjadinya perubahan dari pejuang pemerintah yang ingin mendapatkan kemerdekaan karena adanya rakyat Indonesia yang bosan selalu ditindas. Dan hal ini yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya.

Terjadinya Revolusi

Dalam hal ini tentunya banyak yang tahu bahwa adanya pemberontakan atau revolusi tentunya menyebabkan terjadinya suatu perubahan sosial. Sebagian contoh adalah yang menjadi pengetahuan umum adalah Revolusi Kuba, Revolusi Rusia.

Ini adalah sebuah garakan yang pasti merubah struktural masyarakat secara signifikan karena pengaruh yang begitu besar dan radikal mengobrak tatanan dari segi positif hingga segi negatif.

Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar