4 Faktor Eksternal Terjadinya Perubahan Sosial Masyarakat

4 Faktor Eksternal Terjadinya Perubahan Sosial Masyarakat

Dalam tatanan kehidupan bermasyarakat sering terjadi perubahan yang sering menjadi perubahan tingkah laku, berikut adalah beberapa faktor penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari luar yang juga bisa anda ketahui selengkapnya :

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah kondisi berbeda yang terjadi dalam masyarakat sehingga menimbulkan adanya dampak negatif dan positif. Perubahan ini tidak dapat dihindari karena merupakan keniscayaan dalam kehidupan. Contohnya dalam perubahan sosial mislanya saja mengenai budaya berkunjung dari rumah satu kerumah yang lain dalam masyarakat. Akibat adanya globalisasi dan perkembangan teknologi pada saat ini sistem tersebut telah mengelami perbuahan, dimana banyak masyarakat memanfaatkan kabar, mencari berita, dan berkomunikasi hanya melalui media sosial tanpa harus berkunjung.

Pengaruh Kebudayaan Luar

Pengaruh yang berikut ini adalah perubahan yang begitu terlihat di negeri kita saat ini. Contoh:
Kecanggihan teknologi saat ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Banyak teknologi canggi saat ini yang telah hadir dimasyarakat dan beberapa contoh diantaranya yaitu seperti Handphone, TV, Laptop dan beberapa teknologi canggih lainnya yang saat ini sudah hadir ditengah masyarakat.

Dan dengan adanya kecanggihan teknologi yang makin berkembang dan tak pernah pudar, menjadikan perubahan sosial bagi masyarakat yang pada akhirnya kurangnya sosial, kurangnya pergaulan, rasa empati dan masih banyak lainnya yang diakibatkan dari adanya kecanggihan teknologi.

Fenomena-Fenomena Perang

Untuk kondisi satu ini cukup membuat banyak orang miris karenanya. Hal ini karena terjadinya suatu perang yang bisa kita lihat saat ini sudah banyak perang dimana-mana, adanya militan teroris yang mengancam banyak nyawa yang tentunya hal ini mengakibatkan suatu perubahan sosial bagi masyarakat sekitar yang menjadi korban dalam perang tersebut yang tak terhitung jumlahnya rusaknya infrastruktur dan merubahi sosial budaya dalam suatu kelompok kehidupan.

Contoh: kejadian perang besar yang terjadi saat ini yang bisa di lihat perubahannya adalah di timur tengah, palestina yang begitu memakan korban yang mempengaruhi perubahan yang signifikan dalam tatanan sosial.

Perubahan Lingkungan Alam

Dalam hal ini tentu dapat mengakibatkan suatu perubahan sosial budaya. Banyak contoh sejarah yang bisa menggambarkan penyebab dari perubahan sosial budaya dari segi eksternal. Seperti beberapa kisah yang terjadi mengenai jaman Tuhan yang mana dalam kisahnya di ceritakan bahwa kapal Nabi Nuh dapat mengangkut banyak tempat, namun masyarakat yang tak taat ditenggelamkan

atau bisa dengan contoh lain sebuah bencana alam di Aceh indonesia yang mana terjadi suatu Tsunami yang menenggelamkan banyak orang dan munculnya banyak perubahan sosial yang terjadi seperti munculnya hak untuk mengasuh anak, yang mungkin awalnya hidup sendiri dalam rumah sekarang harus tinggal bersama dengan banyak orang lainnya di tempat pengungsian serta banyak hal lainnya yang menjadi akibat dari Tsunami aceh pada perubahan sosial budaya.

Penjelasan mengenai pengertian dan faktor perubahan sosial. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pemahaman mengenai Materi Perubahan Sosial kita semua.

Penulis : Awin Buton

Lihat juga : Faktor-Faktor Internal Perubahan Sosial Masyarakat
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar