Cara Mudah dan Cepat Menghitung Kubikasi Kayu Dalam Hitungan Detik

Cara Mudah dan Cepat Menghitung Kubikasi Kayu Dalam Hitungan Detik

Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang cara cepat menghitung kubikasi kayu bulat (log) hanya dengan menggunakan aplikasi di HP android.

Hal ini berawal dari seorang teman mahasiswa Ilmu Kehutanan yang sedang menganalisis hasil penelitiannya tentang menganalisis finansial penanaman tanaman Jabon merah. Di dalam perencanaannya terdapat pula hasil panen perhitungan berapa kubik kayu yang dapat dihasilkan dalam jumlah pohon yang akan ditanam.

Lihat juga : Contoh Proposal Penelitian Pengaruh Pemupukan NPK Terhadap Pertumbuhan Bibit Jabon merah

Dalam menghitung kubikasi kayu, terdapat terdapat rumus yang dipakai. Namun, kali ini kita tidak menghitung secara manual dengan rumus, tak perlu coret-coret di kertas dengan memikirkan rumus sebab kita hanya menggunakan aplikasi yang ada di handphone android milik kita masing dan menghitung berapa kubik kayu menjadi cepat dan mudah.

Aplikasi menghitung kubikasi kayu log yang saya maksudkan adalah timberlog, silahkan download/instal secara gratis di play store HP anda.

Cara Menghitung Kubikasi Kayu dengan Tiberlog

Buka aplikasi Tiberlog kemudian masukan ukuran panjang dan luas kayu log yang akan dihitung kubikasinya (m3).

Keterangan :

L    = Panjang
0    = Diameter
m3 = Volume (m3) atau hasil hitungan

menghitung kayu

Misalnya panjang kayu 36 m, diameter kayu 50 cm, maka kubikasi kayu adalah 7,069 m3. Mudahkan menghitung berapa jumlah kubik kayu !

Yang terpenting adalah sebelum menggunakan aplikasi ini, kita perlu mengukur terlebih dahulu berapa panjang dan diameter kayu log yang akan dihitung.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar