Cara Membuat, Mengatur, Mengubah dan Memodifikasi Grafik di Excel ( Panduan Lengkap)

Cara Membuat, Mengatur, Mengubah dan Memodifikasi Grafik di Excel ( Panduan Lengkap)

Dalam dunia pekerjaan atau pendidikan, grafik merupakan salah satu bentuk penyajian data dalam bentuk visual yang banyak dipakai dalam bidang apapun. Data yang disajikan dalam bentuk grafik terbilang mudah untuk dipahami dan dibaca hanya dengan melihat sebentar saja.

Pada aplikasi Microsoft Excel menyediakan fitur untuk membuat dan mengatur grafik yang akan anda buat sesuai dengan cara pengolahan data yang baik.

Kita dapat menentukan tipe grafik secara langsung pada tombol-tombol chart yang berada pada tab Insert - Charts di bagian atas.

Berdasarkan bentuknya, secara garis garis besar grafik di kelompokkan dalam 8 kategori yaitu : Column , Line, Pie, Bar, Area, Scatter, Other Charts ( stock, surface, doughnut, bubble dan radar). Semua kategori di atas memiliki bentuk grafik yang berbeda dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Mulai Membuat Grafik


Saya akan menggunakan data daftar jumlah dan jenis pohon tahun 2011 di bawah ini sebagai contoh pembelajaran membuat grafik. Anda dapat langsung mencobanya pada data yang anda miliki sambil mengikuti panduan ini.

Membuat Grafik

Blok range E3 : F3 sebagai sumber data grafik, klik tombol tab InsertLine dan pada menu tipe grafik pilih Line with Market.

Anda dapat latihan dengan mencoba semua tipe grafik yang ada, tahapan ini hanya sebagai contoh penerapannya.


Mengubah Ukuran dan Posisi Grafik


Saat grafik telah jadi, mungkin ukuran dan posisinya belum sesuai dengan keinginan anda atau mungkin bisa jadi ada data yang tertutup oleh tampilan grafik. Masalah itu dapat anda atasi dengan mengatur ukuran dan posisi grafik 

Membuat Grafik

Cara paling mudah mengubah posisi dan ukurang grafik hanya dengan arahkan kursor mouse ke bagian sudut mana yang akan dirubah ukurannya, klik tahan pada bagian tersebut dan geser arah luar (silahkan disesuaikan ukurannya) sedangkan untuk memindahkan grafik, cukup dengan klik tahan dan geser atau jika mau pindahkan ke file lain, anda tinggal copy dan paste saja, mudahkan !

Mengubah Tipe Grafik


Anda juga dapat mengubah tipe grafik telah dibuat sebelumnya dengan tipe lain yang diinginkan. Dalam proses mengubah tipe grafik anda tidak perlu mengubah sumber data dari grafik.

Membuat Grafik

Seleksi grafik atau klik pada grafik kemudian klik kanan mouse dan pilih Change Chart Type
Pilih tipe grafik yang diinginkan dan klik ok.

Pengaturan Judul Grafik


Judul grafik yang dibuat secara otomatis tadi kadang kurang bersifat informatif sehingga perlu mengubah judul aesuai dengan data yang ditampilkan.

Membuat Grafik

Untuk mengubah judul grafik atau sub judul lainnya cukup dengan double klik bagian judul dan silahkan hapus judul lama, ganti dengan judul baru anda.


Mengubah Layout Grafik Secara Cepat


Anda dapat melakukan pengaturan layout grafik secara cepat menggunakan layout siap pakai yang terdapat dalam Chart Tools tab Design group Chart Layout. Selain itu anda juga dapat mengubah tampilan grafik dengan cepat menggunakan style siap pakai yang terdapat dalam tab design group chart layout.

Membuat Grafik

Seleksi grafik kemudian klik salah satu layout yang diinginkan dalam tab design layout.

Mungkin sekian dulu pandun cara membuat dan mengatur grafik di Microsoft excel, jika ada yang ingin ditanyakan langsung saja berkomentar di bawah dan kami akan menanggapinya, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar