5 Bahan-Bahan Baku Unik Pembuatan Kertas Serta Penjelasannya

5 Bahan-Bahan Baku Unik Pembuatan Kertas Serta Penjelasannya

Kita tentu pernah memakai ataupun menulis dengan kertas buku ataupun kertas lainnya. Namun jarang sekali dari kita yang bertanya dari bahan apa kertas ini dibuat sehingga begitu banyak sekali kita temukan kertas yang begitu beragam bentuk.

Sebelumnya, mari kita mengenali bahan bahan kertas dan alasan bagaimana bisa dijadikan sebagai bahan pembuat kertas.

1. Kulit binatang

Kulit binatang juga menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kertas. Akan tetapi memang kadar penggunaannya tidak sebanyak bahan lain. biasanya kulit binatang yang digunakan untuk membuat kertas adalah kulit domba. Karena kulit domba memiliki kriteria yanng sesuai dan juga sangat mudah untuk didapatkan di beberapa bagian negara.

2. Papirus

Papirus adalah jenis pohon yang hanya bisa ditemukan di kawasan yang memiliki tepi dan lembah sungai Nil. Papirus ini dulunya digunakan sebagai bahan untuk membuat kertas terutama oleh bangsa Mesir Kuno sekitar 3500 SM.

3. Bambu

Bambu adalah salah satu jenis tanaman yang juga bisa dijadikan bahan membuat kertas. Bambu ini sangat mudah di temukan di kawasan Asia karena memang hanya mampu hidup dalam iklim di kawasan Asia. Selain itu, bambu juga memiliki patokan harga yang lebih murah sehingga lebih sering di gunakan sebagai bahan untuk membuat kertas. Kita bisa melihat catatan, skrip ataupun mantra peninggalan masa dinasti di wilayah asia seperti China, Thailand.

4. Kayu Berserat

Sebenarnya jenis kayu apapun bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat kayu dengan catatan kayu tersebut memiliki serat yang banyak. Karena kayu dengan serat yang banyak akan memudahkan porses dan hasilnya akan membuat kertas menajdi kuat dan tidak mudah robek. Selain itu, syarat lain dari kayu yang digunakan untuk membuat kertas adalah memiliki kandungan air yang sedikit.

5. Kotoran gajah

Baru baru ini diketahui bahwa kotoran gajah juga mampu dijadikan sebagai kertas. Strukturnya yang kaya akan serat membuat kotoran gajah bisa untuk dijadikan kertas bahkan dengan cara cara sederhana. Penemuan ini ditemukan oleh Taman Safari Indonesia yang mempu membuat kertas dari kotoran gajah.

Demikian sebagai pengetahuan kita bersama mengenai bahan pembuatan kertas yang menjadi kebutuhan bagi manusia di zaman ini.

Semoga bermanfaat

Penulis: Awin Buton
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar