Artikel Solusi Dibalik Fenomena Sosial Kontemporer

Artikel Solusi Dibalik Fenomena Sosial Kontemporer

Setiap manusia pasti punya mimpi dan keinginan untuk hidup lebih baik di masa akan datang, namun kadang keinginan yang besar bila tidak dibaringi dengan usaha yang besar. Maka akan menghasilkan sesuatu yang biasa-biasa saja.

Mengalami kegagalan dalam hidup memang sudah menjadi kodrat manusia, karena hidup adalah proses yang selalu berubah dari waktu ke waktu. Sehingga setiap usaha/sesuatu yang kita lakukan akan berdampak pada diri kita.

Namun rata-rata orang yang jatuh bangun dalam membangun sebuah usaha mereka terlihat lebih kuat dan berani karena mereka sudah terbiasa, sehingga hal-hal seperti itu tidak membuat mereka lemah ataupun putus asa mereka tetap optimis dan terus maju.

Hidup di jaman modern seperti sekarang memang membutuhkan kerja keras dan usaha untuk dapat bertahan hidup, terkadang sesuatu yang kita lakukan belum tentu bisa menjamin masa depan kita. Tapi setidaknya saat ini kita bisa membuat sesuatu yang bermanfaat, daripada kita hanya duduk-duduk menghabiskan waktu begitu saja.

Kelemahan bangsa ini adalah kurangnya kesadaran tentang manfaat waktu sehingga membuat kita tidak sadar bahwa menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting itu merupakan kerugian besar. Sedangkan di negara-negara maju mereka sangat menghargai waktu bagi mereka waktu adalah emas dalam hidup.

Kehidupan rakyat kita saat ini sama dengan plankton di laut, hidupnya selalu terbawa oleh arus dan angin mereka hidup tidak punya arah dan tujuan yang jelas. Hidup hanya pasrah pada keadaan padahal yang bisa merubah hidup adalah diri kita sendiri. kurangnya pengetahuan dan rasa percaya diri yang tinggi sehingga menghasilkan kualitas hidup yang biasa saja.

Apabila Rakyat dalam kondisi seperti ini negara harus hadir untuk memberikan semangat dan pengetahuan agar masyarakat tau bahwa cara hidup yang baik dan benar, memang selama ini rakyat sudah hidup dengan cara yang baik dan benar hanya saja mereka tidak mampu untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri mereka. Pemerintah harus melihat ini sebagai sebuah ancaman karena rakyat tidak bisa untuk hidup mandiri. Cara/pelatihan apa yang pas untuk masyarakat kita saat ini, itu yang harus pemerintah pikirkan.

Bagi saya yang perlu pemerintah lakukan adalah merubah mindset dan cara pandang masyarakat kita saat ini, dengan memberikan pemahaman bahwa hidup yang berkualitas adalah hidup yang harus dipikirkan bukan hanya pasrah dengan keadaan. Otomatis masyarakat akan berusaha untuk berpikir, maka mereka akan sampai pada jawaban-jawaban atas pertanyaan itu. Kalau sampai masyarakat kita sudah mampu berpikir untuk menyelesaikan masalahnya sendiri yakin dan percaya negara ini akan maju karena secara tidak langsung rakyat kita akan menjadi kreatif dan produktif.

Semoga bermanfaat.

Penulis : Sarifudin Tidore
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar