Pengertian dan Manfaat Positif Berdiskusi

Pengertian dan Manfaat Positif Berdiskusi

Pengertian diskusi

Secara etimologis kata diskusi berasal dari bahasa Latin discussio, discussi, atau discussum yang berarti memeriksa, memperbincangkan, dan membahas. Dalam bahasa Inggris, discussion berarti perundingan atau pembicaraan, sedangkan dalam bahasa Indonesia, sebagai istilah, diskusi berarti proses brtukar pikiran antara dua orang atau lebih tentang suatu masalah untuk mencapai tujuan tertentu.

Sudah Tentu dan pasti kita semua pernah mendengar atau bahkan pernah melakukan diskusi. Lalu apa yang dimaksud dengan diskusi tersebut ? kalau kita ingin mngetahui apa itu diskusi maka disini akan menjabarkan dskusi adalah salah satu cara untuk bertukar pikiran membicarakan suatu masalah guna menemukan pengertian, kesepakatan atau keputsan secara bersama.

Menurut salah satu ahli yang bernama (Hasibuan 1985) kata yang diskusi adalah visi dari dua atau lebih individu secara lisan dan saling tatap muka dengan tujuan informasi dan jalan keluar dengan cara pertukaran informasi.

Sedangkan menurut (Moh Surya), diskusi adalah sebuah proses di mana setiap orang akan mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman untuk memecahkan masalah.

Diskusi juga dapat di artikan sebagai interaksi komunikasi yang dilakukan oleh orang atau kelompok yang terdiri dari dua atau lebih. Pengertian diskusi dengan kata sederhan adalah, mengobrol tapi atau membicarakan hal yang bermanfaat dan berbobot, pastilah diskusi membutuhkan topik pembahasan dianggap penting diskusikan.

Dalam kegiatan ini kita tentu tahu bahwa dalam diskusi sangatlah beragam bentuknya. Namun saya merangkumnya menjadi dua konteks diskusi sebagai berikut.

1. Diskusi Formal

Diskusi formal adalah diskusi yang membutuhkan persiapan fisik nonfisik berupa lokasi, sound sistem dan penyelenggara harus menentukan satu topik diskusi, moderator, pembicara hingga peserta diskusi. Seperti contohnya Seminar, Dialog publik dan Diskusi Panel. Salah satu diskusi formal yang sering ditonton masyarakat indonesia saat ini ialah Indonesia Lawyers Club yang tayang disalah satu stasiun tv nasional.

2. Diskusi Nonformal

Diskusi nonformal adalah diskusi yang tak membutuhkan berapa instrumen seperti yang begitu signifikan, karena diskusi nonformal bisa dilakukan dimana tempat seperti warkop, caffe bahkan di tempat nongkrong sehari-hari. Dalam diskusi nonformal tentulah ada topik pembahasan yang terkadang topiknya bukan hanya satu seperti dialog publik, seminar dan lain-lainl.

Manfaat Positif Diskusi

Dalam diskusi persoalan yang ada dalam diskusi terkadang berbedah antara harapan dengan kenyataan. Oleh sebab itu, kegiatan diskusi merupakan suatu upaya untuk menemukan cara menghilangkan, mengatasi atau memperkecil jarak antara harapan dengan kenyataan.

Namun dibalik persoalan diskusi diatas kita dapat memetik manfaat dan memahami suatu masalah, mengetahui latar belakang masalah atau sebab-sebab dan mnemukan jalan keluar yang sulit dan dapat menentukan suatu kesepakatan untuk melakukan tindakan, kegiatan, pekerjaan.

Terlebih dengan diskusi formal atau nonformal

kita dapat berfikir mandiri untuk menganalisis suatu hal dan dari dalam dinamika diskusi kita bersama mentransfer gagasan dan konsep.

Yang paling dasar bagi kita ialah dapat belajar mengemukakan pendapat dan berlatih menanggapai pendapat orang lain dengan argumentasi yang berbobot.

Baca juga:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar