Ato Basahona Share

follow us

Pengertian Apotek Hidup, Tujuan, Jenis Tanaman & Cara Membuat

Apotek Hidup – Kesehatan manusia sangat penting untuk dijaga sejak dini agar tidak menghambat segala aktivitas sehari-hari. Apotek hidup dapat dijadikan sebagai langkah-langkah dalam menjaga serta mencegah berbagai macam penyakit mulai dari sekarang.

Pengertian Apotek Hidup

Pengertian Apotek Hidup adalah memanfaatkan sebagian lahan atau pekarangan rumah untuk ditanami tanaman-tanaman obat dalam memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh sehari-hari. Indonesia termasuk negara yang kaya akan sumber daya alam termasuk pengobatan tradisional melalui tumbuhan. Pengobatan secara alamiah melalui tanaman tidak mengakbitkan efek samping.

Tujuan Apotek Hidup

Tujuan utama pembuatan apotek hidup ialah sebagai sarana penyediaan beragam jenis tanaman obat dalam mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh. Namun selain itu, hal ini juga sebagai tindakan menjaga warisan kebudayaan pengobatan tradisional para nenek moyang terdahulu yang kemudian diwariskan kembali ke generasi berikutnya.

Jenis – Jenis Tanaman Apotek Hidup

Sangat banyak tanaman-tanaman yang dapat dijadikan obat tradisional, hal ini juga berhubungan dengan pengetahuan tanaman obat pada daerah tempat tinggal masing-masing. Berikut ini adalah jenis tanaman apotek hidup yang sering dimanfaatkan :

Lidah buaya

Tamanan ini sudah lama dikenal sebagai tanaman penyubur rambut. Manfaat lainnya adalah dapat meredakan batuk.

Sirih

Dikenal karena memiliki kandungan antiseptik yang baik. Anda juga dapat menggunakannya untuk meredakan batuk.

Lengkuas

Selain sebagai bumbu dapur, lengkuas dapat menyembuhkan panu pada kulit.

Jinten

Bila ada anggota keluarga yang panas, gunakan daun jinten untuk menurunkan panas. Bermanfaat juga untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

Jahe

Dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk dan rematik karena menghasilkan rasa hangat.

Bawang Merah

Bumbu dapur yang terkenal ini juga bermanfaat untuk mengobati masuk angin.

Mahkota dewa

Tanaman yang telah terkenal sebagai tanaman obat. Dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi.

Kumis kucing

Dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang.

Sambiloto

Rasanya yang pahit dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Anda dapat menggunakan daunnya untuk menyembuhkan penyakit tifus dan penurun panas.

Mengkudu (pace)

Buah yang bermanfaat banyak untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi buahnya dapat meredakan osteoporosis.

Jeruk nipis

Buah yang asam dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk.

Begonia

Merupakan tanaman hias, tetapi juga memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri haid.

Puring

Juga merupakan tanaman hias yang umum ditanam di taman karena daunnya yang berwarna-warni. Dapat dimanfaatkan daunnya yang berwarna kuning hijau untuk menghangatkan perut.

Melati

Bunga indah yang keharumannya sering dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum, ternyata termasuk tanaman obat. Khasiat daunnya dapat menyembuhkan sesak nafas dan sakit kepala. Bunganya dapat digunakan untuk mengatasi radang mata.

Daun Salam

Air rebusan daun salam mampu mengatasi penyakit maag dan juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah dengan cepat sehingga bagus untuk penderita diabetes.

Jambu Biji

Jambu biji juga memiliki khasiat. Daunnya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit buang air atau diare. Fungsi daunnya mampu membuat keras feses sehingga mengurangi buang air besar. Jus buahnya juga baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin C serta baik untuk penderita demam seperti DBD.

Kina

Kina adalah satu-satunya bahan yang ampuh untuk mengobati malaria. Pohon kina merupakan pohon perdu yang berkayu dan warnanya selalu hijau dengan kulit kayu yang tebal. Kina berkembang biak dengan cara berbunga dengan bakal buah di dalam bunga. Obat kina diproduksi dari kulit pohonnya.

Temulawak

merupakan tanaman obat yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat jawa. Temulawak merupakan tumbuhan asli Indonesia dan memiliki khasiat yang lengkap. Temulawak atau juga disebut Curcuma biasanya diberikan kepada anak anak untuk menambah nafsu makan mereka. Temulawak juga dapat menghilangkan flek-flek hitam pada wajah dan kandungan minyak atsirinya dapat membersihkan isi perut serta memperlancar ASI pada wanita yang menyusui. Penelitian lebih lanjut mengemukakan bahwa temulawak sangat ampuh untuk mengobati penyakit hati atau penyakit liver dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena dalam temulawak terdapat kandungan kurkumin yang dapat menyehatkan hati. Sama seperti jahe dan kencur, cara mengkonsumsi temulawak adalah dengan diparut dan diambil sari airnya.

Kayu putih

kayu putih sangat dikenal di Indonesia yang berfungsi untuk menghangatkan badan. Kayu putih juga termasuk tanaman industri dan pemrosesannya adalah dengan menyuling minyak yang dihasilkan dari daunnya.

Kencur

merupakan bumbu masak yang popular di kalangan masyarakat Indonesia. Kencur dipakai hamper di seluruh masakan Indonesia. Sebagai tanaman obat, kencur sangat bermanfaat untuk mengobati batuk, menghilangkan nafas tidak sedap, menghilangkan kembung dan mual masuk angin serta manfaat-manfaat lainnya. Selain diseduh sarinya setelah diperas, kunir juga dapat dimakan mentah-mentah

Kunir

kunir merupakan satu kelompok tanaman yang sama dengan jahe dan kencur, yaitu tanaman berakar rimpang. Kunir mudah dikenali karena warnanya yang kuning. Selain menjadi bumbu masak utama untuk berbagai makanan Indonesia, kunir juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, panas dalam, serta baik untuk wanita hamil dan menyusui. Cara sederhana untuk mengkonsumsi kunir adalah dengan memarut kunir dan memeras sari parutannya lalu merebusnya dengan air panas.

Mahkota Dewa

merupakan tanaman yang sangat terkenal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman mahkota dewa ini sebenarnya berasal dari Papua dan memiliki berbagai zat aktif yang seperti alkaloid, saponin, flavonoid dan polivenol. Beberapa manfaat tanaman ini untuk kesehatan adalah sebagai zat ampuh untuk detoksifikasi menghilangkan racun racun dalam tubuh, sumber anti bakteri dan virus, dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah, melancarkan peredaran darah ke seluruh tbuh, mengurangi kandungan kolesterol dan resiko penyakit jantung koroner, mengandung antiinlamasi, sebagai anti oksidan dan dapat membantu mengurangi sakit pada saat pendarahan. Tumbuhan ini tidak besar namun dapat tumbuh hingga sepanjang 3 meter. Buahnya berwarna merah dan tumbuh dari batang hingga ke ranting.

Mengkudu

mengkudu adalah tanaman tradisional yang banyak tumbuh dimana mana dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Tanaman ini termasuk dalam jenis kopi-kopian dengan tumbuhan yang tidak terlalu tinggi. Buahnya hijau dengan bentuk yang lonjong dan bertotol totol dnegan biji yang banyak dan kecil dalam daging buahnya. Mengkudu banyak berkembang biak secara liar namun banyak juga yang memelihara tanaman ini di halaman rumah. Mengkudu juga dikenal dengan nama pace yang bermanfaat sebagai salah satu obat untuk mengurangi hipertensi, sakit kuning, demam, flu, batuk, dan sakit perut. Tanaman ini juga bermanfaat untuk kecantikan yaitu menghilangkan sisik pada kaki. Pada dasarnya buah mengkudu yang masak berbau tidak sedap, namun justru buah itulah yang mengandung banyak zat penting seperti morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan

Buah merah

Buah merah merupakan tanaman obat yang popular setelah mahkota dewa. Sama dengan tanaman mahkota dewa, buah merah juga berasal dari Papua. Buah merah sangat terkenal karena dipercaya dapat mengurangi virus HIV dalam darah. Tanaman ini tumbuh menyerupai pandan dengan tinggi tanaman hingga 16 m yang dikokohkan dengan akar tunjang. Seperti namanya buah merah berwarna merah marun saat matang namun ada juga buah yang berwarna coklat atau coklat kekuningan. Buah ini dapat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit mata, cacingan, kulit dan meningkatkan stamina tubuh. Selain itu buah merah dipercaya dapat mengobati penyakit kanker. Buah merah banyak mengandung antioksidan seperti karoten, beta haroten dan tokoferol serta asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, omega 3 dan omega 9 yang selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat menangkal pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

(sumber : https://apotekfudin.blogspot.com/)

Cara Membuat Apotek Hidup

1. Terlebih dahulu harus menyediakan lahan atau pekarangan dalam membuat apotek hidup. Jika tidak memiliki lahan atau pekarangan rumah yang luas, dapat juga bekerja sama dengan teman atau kerabat anda yang memiliki lahan/pekarang rumah luas agar bersama-sama membuat serta mengelola apotek hidup untuk dimanfaatkan secara bersama.

2. Kenali/pelajari tanaman-tanaman obat di lingkungan hidup sekitar anda yang sering digunakan. Hal perlu dilakukan agar tanaman obat yang akan ditanam nanti memang benar-benar sering digunakan atau dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

3. Menyiapkan lahan/pekarangan rumah untuk dilakukan penanaman. Jika tanaman dalam fase bibit maka siapkanlah polibag atau pot bungan berukuran kecil. Namun, jika tanaman sewaktu ditanam adalah bibit maka jangan lupa untuk menggemburkan tanah terlebih dahulu. Perhatikan sinar matahari agar jangan secara langsung menyinari tanaman yang baru ditanam terutama bibit, hal ini dapat mengakibatkan tanaman layu bahkan mati.

4. Perhatikan keamanan lahan apotek hidup misalnya pekarang dikelilingi oleh pagar yang baik. Selain hama mikroorganisme perlu juga menjaga tanaman yang baru ditanam dari gangguan hewan-hewan pekarangan rumah.

5. Lakukan penyiraman secara teratur sehari sekali, namun jika dalam sehari telah turun hujan tidak perlu dilakukan penyiraman lagi. Kelebihan air untuk tanaman obat yang baru ditanam juga tidak baik dan dapat berakibat buruk bagi tanaman.

Mulailah membuat apotik hidup dari sekarang sebab selain pengobatan medis, perlu juga pengebotan tradisional. Selain itu dapat menambah pengetahuan serta cara pengunaan tanaman obat di lingkungan sekitar kita. Bagi anda yang banyak kesibukan kerja, hal ini dapat menjadi solusi dalam mengisi aktivitas hari-hari libur anda.

You Might Also Like: