Cara Mudah Mengembalikan File Dokumen, Foto dan Video yang Terhapus Biasa dan Permanen dari Komputer

Cara Mudah Mengembalikan File Dokumen, Foto dan Video yang Terhapus Biasa dan Permanen dari Komputer

Cara mengembalikan file foto, video dan dokumen yang terhapus di laptop untuk semua pengguna laptop atau komputer baik yang terhapus secara biasa atau permanen. Sebab hal ini pasti pernah anda alami. Apalagi jika file yang terhapus merupakan file yang sangat penting.

File yang terhapus dari laptop/komputer anda dapat terjadi secara sengaja dan tidak disengaja oleh anda sendiri atau bisa juga sengaja dihapus oleh orang lain.

Lihat juga : Cara Mengatasi Virus Helloworld Pada Komputer yang Menyerang Secara Tiba-Tiba

Mengembalikan Semua Jenis File yang Terhapus di Komputer Secara Permanen

File yang terhapus secara permanen dari komputer artinya file tersebut sudah tidak ada lagi pada menu recycle bin. Biasanya file yang terhapus akan berada di menu recycle bin di deskop komputer. Permanen artinya, anda juga telah menghapus file tersebut dari recycle bin.

Jika hal itu terjadi pada anda, jangan galau dulu, jika galau silahkan saja tapi jangan berlebihan karena masih banyak cara untuk mengatasi mengembalikan file penting yang hilang tersebut.

Untuk mengembalikan file foto, video atau dokumen yang hilang dari laptop anda, kita akan menggunakan sebuah aplikasi yang namanya WinUtilities Undelete. Sebelum melanjutkan ke caranya, silahkan anda download dulu aplikasinya di sini (https://filehippo.com/download_winutilities/ ) dan instal di komputer anda.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini yang sangat saya sukai yaitu dapat mengembalikan semua file-file yang telah terhapus sejak dulu kala. Saya pernah mencobanya di laptop bekas, yang saya beli, hasilnya semua file foto pemilik laptop sebelumnya juga terambil. Namun semuanya telah saya hapus kembali mengingat hal itu adalah privasi orang lain.

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Komputer/Laptop

1. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu membuat sebuh folder yang akan berguna untuk menyimpan file-file terhapus yang akan anda kembalikan nantinya.

2. Buka aplikasi winutilities undelete yang telah anda instal di Komputer

3. Pilih tempat dimana anda menyimpan file yang telah terhapus 

 File Dokumen, Foto dan Video yang Terhapus di Komputer

4. Pilih file mana yang akan anda kembalikan

Setelah memilih tempat dimana dimana anda menyimpan file yang terhapus maka akan tampil semua file-file yang telah terhapus di tempat penyimpanan, silahkan pilih file yang ingin anda kembalikan, blok semuanya dan klik kanan pilih Undelete

 File Dokumen, Foto dan Video yang Terhapus di Komputer

Saran :

Pilihlah semua file yang terhapus untuk dikembalikan agar nanti anda dapat memilih file-file mana yang anda butuhkan.

5. Terakhir, silahkan pilih tempat untuk menyimpan file yang anda kembalikan di folder yang telah anda buat dari awal tadi

Jika ada pertanyaan tentang cara mengembalikan file foto, video dan dokumen yang terhapus dari laptop, silahkan langsung saja bertanya di kolom komentar, semoga bermanfaat.

Lihat juga : 3 Cara Mengatasi Komputer atau laptop Lambat Loading Ketika Digunakan

Cara Mengembalikan File-File yang Tidak Sengaja Terhapus dari Komputer

Mengembalikan file yang terhapus terhapus seperti biasa maksudanya yaitu file yang tidak terhapus secara permanen. Misalnya ketika sedang bermain-main dengan komputer lalu secara tidak sengaja anda menghapus sebuah file atau lebih.

Biasanya hal ini dilakukan oleh anak-anak baru menggunakan komputer, saking menikmati proses belajar mereka, kadang tidar sadar kalau menghapus file-file penting di penyimpanan komputer.

Untuk mengatasi file yang terhapus secara tidak permanen ini mudah saja, karena anda cukup membuka menu recycle bin pada desktop komputer atau laptop, filenya berada disitu. Kemudian di copy lagi ke folder penyimpanan semula yang tidak sengaja dihapus tadi. Mudahkan !

Lihat juga : Sediakan Anti Malware Sebelum Virus Ini Menyerag Komputer

Bagaimana ? ternyata tidak sulit mengembalikan file-file yang terhapus secara tidak sengaja dan file yang terhapus secara permanen dari komputer.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar