Skip to main content

follow us

Bertemu Gadis Hebat yang Menginspirasi

Namanya Ayu, seorang gadis yang bertemu dengan saya beberapa hari kemarin. Tepatnya ketika saya sedang menikmati kopi hitam di kedai yang menjadi salah satu tempat favorit. Ayu adalah seorang gadis yang berasal dari Yogyakarta, dia sedang melakukan penelitian tentang keadaan terkini Organisasi Kemahasiswaan di Sulawesi Utara sebagai bahan untuk persyaratan beasiswa studi S2 di Universitas Indonesia.

Lihat juga : Bertemu Orang Yogyakarta di Warung Kopi

Mengapa Bertemu dengan Ayu ?

Berawal dari seorang saudari saya bernama Fit yang sedang kuliah di Yogyakarta untuk melanjutkan studi S2-nya, Fit dan Ayu pernah ngekost di rumah yang sama dan dari situlah mereka mulai berteman. Ketika Ayu berada di kota Manado, Fit menghungi saya untuk dapat bertemu dan ngobrol lama bersama Ayu. Alasan mengapa saya dihubungi Fit sederhana saja, saya juga aktif di organisasi kemahasiswaan ketika kuliah dan sekarangpun masih berkecimpung di dunia organisasi kemahasiswaan meskipun tidak lagi menjadi mahasiswa. Mungkin bertemu dengan saya dan ngobrol, dapat menambah sedikit informasi buat penelitian Ayu terkait Organisasi Kemahasiswaan di Sulawesi Utara.

Lihat juga : Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

Ketika Fit menghubungi saya, dia juga sekaligus memberikan nomor telepon Ayu, beberapa saat kemudian saya menghubungi Ayu dan mulai berkomunikasi ketika itu. Saya sempat mengundang Ayu untuk bertemu saat itu juga, mengingat bertepatan dengan bulan Ramadhan, sekalian buka puasa bersama. Namun, Ayu masih memiliki kesibukan lain dan beberapa hari kemudian barulah kita bertemu sambil ngopi dan ngobrol.

Mengapa Penelitian di Sulawesi Utara ?

Saat berkomunikasi dengan Fit sampai ketika malam itu bertemu dengan Ayu, yang jadi pertanyaan saya dan rasa penasaran yang cukup besar adalah mengapa lokasi penelitiannya di Sulawesi Utara sedangkan jika dipikir Yogyakarta dan Sulawesi Utara cukup jauh. Begitu bertemu dengan Ayu, pertanyaan itu akhirnya saya tanyakan langsung ke dia demi mengobati rasa penasaran saya sebelumnya.

Ternyata alasan dia memilih lokasi penelitian di Sulawesi Utara karena ketika kuliah pernah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara.

“ Penelitian sambil bertemu dengan keluarga waktu KKN” kata Ayu sambil tersenyum.

Pasti timbul pertanyaan dari anda, kenapa bisa KKN di Talaud yang begitu jauh dari Yogyakarta ? ternyata sama apa yang kita pikirkan haha. Saya juga menanyakan hal itu, ternyata disipilin ilmu Ayu adalah Sosiologi, berbicara tentang Sosiologi berbicara tentang kemasyarakatan maka sebuah bentuk pembelajaran dan pengabdian diarahkan pada daerah lain dengan budaya sosial kemsyarakatan yang berbeda dengan daerah mereka. Pertemuan malam itu bukan saya saya bersama Ayu tapi juga terdapat dua sahabat yang sudah seperti adik saya sendiri yaitu Awin dan Iki, Awin dan Iki adalah mahasiswa yang merupakan aktif di organisasi kemahasiwaan, semakin banyak aktivis semakin baik hehe.

Gadis yang Menginspirasi

Saya termasuk orang yang senang dan suka melakukan traveling. Pergi ke polosok Nusantara serta jalan-jalan kemana saja sebab dengan banyak berjalan maka semakin banyak pengalaman dan inspirasi kehidupan yang dapat kita jadikan sebagai hikmah dalam memahami makna kehidupan.

Lihat juga : Pengalaman Berada di Ujung Pulau Halmahera

Ketika saya atau lelaki lain yang melakukan perjalanan kemana saja, bagi saya merupakan hal yang biasa saja. Tapi hal ini menjadi luar biasa jika dilakukan oleh seorang gadis yang berada cukup jauh dari daerah asalnya, sendirian sekaligus butuh banyak berinteraksi dengan orang-orang baru, budaya baru, karakter yang baru dan itu menjadi luar biasa bagi saya. Butuh mental wonder woman, butuh keberanian dan kemampuan adaptasi yang baik dan itu menurut saya hanya dapat dilakukan oleh sebagian kecil dari jumlah para gadis di Indonesia dalam meraih cita-cita mereka.

Lihat juga :

Gadis Belum Tentu Wanita

Perempuan Dalam Lingkungan Hegemoni Budaya dan Media (Pembicara)

Bahkan mungkin tidak semua lelaki juga mampu melakukan hal ini, pergi ke suatu daerah yang jauh, berinteraksi dengan orang-orang yang baru dan beradaptasi dengan santun.

Ayu menjadi inspirasi bahwa jika seorang gadis saja mampu melakukan hal itu kenapa lelaki tidak, jika gadis yang berasal Yogyakarta saja mampu, kenapa gadis berada disini tidak. Dimana ada kemauan disitu ada jalan berdasarkan kesungguhan niat dan usaha yang maksimal.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar