Skip to main content

follow us

6 Tips Mengatasi Koneksi Wifi yang lemah atau Hilang Tiba-Tiba

Ketika koneksi Wifi mungkin lemah atau hilang tiba-tiba tanpa alasan ketika anda sedang melakukan chatting, menonton video streaming atau mengobrol video dengan teman atau mungkin sedang berselancar di internet, hal itu dapat membuat kita stress saat sedang asyik-asiknya melakukan hal-hal itu.

Masalah koneksi internet yang kadang terputus termasuk masalah yang sering terjadi dan untungnya, ada tips-tips sederhana untuk mengatasi masalah itu. Namun, sebelum menentukan apa yang harus dilakukan tentang koneksi internet yang terus lemah, perlu memahami apa yang mungkin menyebabkannya karena tidak semua solusi akan berfungsi untuk semua orang.

1. Daya Jangkauan Jaringan Wifi Tidak Cukup

Jarak akses jaringan mungkin Wifidekat, saat mengakses internet di luar jangkauan akan terlihat koneksi Wifimulai melemah dan berhenti. Misalnya jangkauan wifi di kantor yang hanya pada lingkungan halaman. Pasti jaringan wifi akan hilang ketika anda telah berada di luar halaman kantor. Hal ini juga berlaku secara umum dimana saja.

Cara mengatasi daya jangkauan jaringan wifi seperti ini pasti anda dapat mengatasinya sendiri tanpa harus berpikir panjang, yaitu bergerak kembali (mendekat) di areal jangkauan wifi.

2. Gangguan Dari Perangkat Lain

Sinyal dari berbagai produk elektronik konsumen di sekitar rumah atau di sekitar perangkat dan router dapat mengganggu sinyal jaringan Wi-Fi. Misalnya, telepon tanpa kabel, perangkat Bluetooth, pembuka pintu garasi dan oven microwave, masing-masing dapat menganggu koneksi jaringan Wifi saat dinyalakan.

Jadi, jika Anda melihat bahwa ponsel putus koneksi jaringan wifi ketika tepat di sebelah perangkat elektronik lainnya, kemungkinan itulah masalahnya. Atau, mungkin anda baru saja membeli perangkat elektronik baru sehingga mungkin mengganggu koneksi jaringan wifi. Silahkan dicek barang elektronik yang baru dibeli, bagaimana cara kerjanya.

Solusinya sama dengan masalah jangkauan Wifi di atas, dapat memindahkan peralatan jaringan atau (di jaringan rumah) mengubah beberapa posisi yang baik untuk perangkat Wifi hingga memiliki jarang yang efektif tanpa mengganggu jaringan wifi.

3. Jaringan Itu Kelebihan Beban

Perangkat wifi mungkin diatur dengan sempurna untuk sinyal Wifi dan menghindari gangguan, tetapi jika ada terlalu banyak perangkat yang menggunakan jaringan, bandwidth yang tersedia untuk setiap perangkat terbatas, hal itu dapat membuat jaringan wifi melemah dengan sendirinya.

Ketika setiap perangkat kekurangan bandwidth yang cukup, video berhenti diputar, situs web tidak akan terbuka, dan perangkat bahkan mungkin akhirnya memutuskan dan menyambung kembali dari jaringan, berulang kali, karena mencoba untuk mempertahankan bandwidth yang cukup untuk tetap menggunakan Wi-Fi.

Lihat juga : Pengertian Wifi Beserta Fungsinya

Dapat menguji kecepatan internet untuk melihat apakah mendapatkan kecepatan yang sesuai. Jika tes menunjukkan kecepatan yang jauh lebih lambat daripada anda membayar bebrarti ada masalah dengan modem atau router atau terlalu banyak pengguna yang menggunakan jaringan tersebut.

Cara mengatasi jaringan yang kelebihan beban adalah dengan mengurangi beban tersebut, batasi jumlah pengguna sesuai dengan kekuatan jaringan, apalagi ketika ada sebagian pengguna yang sedang mendowload film, video atau sedang bermain game online.

4. Menggunakan Jaringan Wifi Salah

Jika dua lokasi yang berdekatan menjalankan jaringan Wifi tidak aman dengan nama yang sama (SSID), perangkat anda dapat terhubung ke jaringan yang salah tanpa sepengetahuan anda. Ini dapat menyebabkan semua masalah yang disebutkan di atas termasuk kehilangan sementara dan menyambung kembali Wifi ketika anda meninggalkan satu jaringan dan bergabung dengan yang lain.

Tidak hanya itu tetapi jika jaringan lain menderita masalah bandwidth seperti dijelaskan di atas, maka perangkat anda mungkin mengalami gejala-gejala itu juga, bahkan jika Wif imereka tetap menyala. Kemungkinannya adalah, jika mereka memiliki jaringan terbuka, orang lain juga menggunakannya, jadi kemungkinan masalah bandwidth.

Lakukan langkah-langkah keamanan yang tepat untuk memastikan bahwa komputer anda dan perangkat lain terhubung ke jaringan yang tepat. anda juga dapat mengatur ponsel, laptop, tablet, dan laian-lain untuk berhenti bergabung dengan jaringan secara otomatis untuk menghindari pengambilan Wifi tidak aman.

Akan lebih bijaksana dan baik hati, jika anda memberi tahu tetangga anda bahwa mereka harus membuat kata sandi Wifi(atau jaringan tamu yang didedikasikan tetapi tetap dilindungi sandi) karena orang dapat dengan mudah mencuri jaringan wifi dan menyebabkan masalah bagi mereka juga.

5. Driver, Firmware Kedaluwarsa atau Hilang

Setiap komputer yang terhubung ke jaringan Wifi menggunakan perangkat lunak yang disebut perangkat drive. Router jaringan berisi teknologi terkait yang disebut firmware. Potongan-potongan perangkat lunak ini mungkin menjadi rusak atau usang seiring waktu dan menyebabkan berjaringan dan masalah nirkabel lainnya.

Tingkatkan firmware router ke versi terbaru. Ini bukan anjuran secara umum, tetapi bisa jadi apa yang terjadi yang menyebabkan masalah koneksi Wifi. Juga pertimbangkan untuk memperbarui driver jaringan perangkat jika itu didukung pada perangkat khusus. Misalnya, jika komputer Windows terus memutuskan sambungan dari Wi-Fi, perbarui driver jaringan.

6. Paket Perangkat Lunak Tidak Kompatibel

Ini adalah alasan yang sangat kecil kemungkinan untuk masalah koneksi internet, tetapi Wifi bisa gagal pada komputer yang menginstal perangkat lunak yang tidak kompatibel. Ini termasuk layanan, dan perangkat lunak lain yang memodifikasi kapabilitas jaringan dari sistem operasi.

Rekam setiap kali menginstal atau meng-upgrade perangkat lunak di computer dan bersiaplah untuk menghapus perangkat lunak yang tidak kompatibel atau menginstal ulang program yang rusak. Jika sudah mencoba semuanya di atas dan yakin bahwa internet tidak terletak pada perangkat keras atau ISP, tetapi dengan perangkat lunak, anda selalu dapat menginstal ulang sistem operasi, tetapi pasti mempertimbangkan pilihan terakhir. Jika Anda menggunakan iPhone atau Android, Anda juga dapat mereset perangkat lunak itu kembali ke pengaturan pabrik.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar