Materi Analisis SWOT pada Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa

Materi Analisis SWOT pada Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa

Pada tanggal 27 April 2018 saya diundang oleh Organisasi Paguyuban Himpunan Pelajar Mahasiswa Sula untuk menyampaikan materi analisis swot pada Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang dilaksanakan sebagai langkah perekrutan anggota (kader) baru dalam organisasi. Setelah saya dihubungi sebagai pembicara, beberapa hari kemudian saya mulai menyusun materi yang akan disampaikan nanti.

Saya berpikir materi analisis SWOT ini kebanyakan membahas secara umum tapi pada kesempatan kali ini saya akan menambahkan Menerapkan Analisis SWOT pada Diri Sendiri pada bagian akhir, sebab menurut saya berbicara analisis swot bukan hanya sebatas teoritis namun bagaimana juga caranya untuk menerapkan pada karakter diri kita masing-masing.

Lihat juga :

Tujuan Bergabung di Organisasi Mahasiswa Itu Beragam

Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

Belajar Teknik Persidangan

Pengertian analisis

Banyak sekali pengertian analisis menurut para ahli dan menurut saya secara umum pengertian analisis yaitu mempelajari sesuatu secara mendalam. Jadi apapun yang kita pelajari sesuai dengan ilmu masing-masing kita harus mampu menganalisis agar meningkatkan pemahaman serta pengetahuan terhadap apa yang dipelajari. Semakin dalam seseorang menganalisis maka semakin paham akan hal tersebut.

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode yang berguna untuk melakukan analisis strategis dan untuk memahami keadaan terkini suatu organisasi dalam lingkungannya (internal dan eksternal).

Dalam analisis SWOT terdapat 4 tahapan penting yaitu :

1. Strengths (kekuatan)

2. Weaknesses (kelemahan)

3. Opportunities (peluang)

4. Threats (ancaman)

Kekuatan

1. Apa yang menjadi kekuatan organisasi?

2. Apa yang kita kerjakan dengan baik ?

3. Apa yang dilihat orang lain sebagai kekuatan organisasi ?

4. Apa yang dilakukan dengan baik oleh organisasi ?

Kelemahan

1. Apa yang dapat dikembangkan ?

2. Apa yang berlangsung kurang optimal dalam program organisasi ?

3. Kompetisi apa yang berlangsung dengan kurang baik ?

4. Apa yang dapat organisasi perbaiki ?

5. Hal apa yang harus organisasi hindari ?

Ancaman

1. Apa yang menghambat perkembangan organisasi ?

2. Siapa yang ingin mengambil alih tugas/pekerjaan/ peranan organisasi ?

3. Apa yang dilakukan oleh organisasi pesaing ?

4. Perubahan apa yang akan terjadi ?

Peluang

1. Jika tidak ada hambatan, apa yang akan organisasi lakukan?

2. Apa yang mungkin dilakukan ?

3. Di mana posisi organisasi yang inginkan dalam satu tahun ke depan ?

4. Perubahan kebijakan daerah yang dapat menguntungkan organisasi di masa depan ?

Tahapan di atas merupakan suatu kesatuan utuh dalam melakukan analisis swot sehingga akan mendapatkan hasil analisa yang akurat dengan langkah-langkah solusi yang tepat sasaran.

Kenali dengan baik apa yang menjadi kekuatan atau keunggulan dalam organisasi. Misalnya sebuah organisasi memiliki kelompok sanggar seni, kelompok olahraga, kelompok paduan suara dan lain-lain. Potensi atau keunggulan yang telah dimiliki oleh sebuah organisasi perlu dikembangkan dengan baik dan semakin baik sebab dari hal seperti itulah oragnisasi akan semakin berkembang, semakin dikenal dan dengan sendiri terbangun komunikasi dengan organisasi lainnya. Secara otomatis kelebihan-kelebihan yang semakin dikembangan akan mengurangi kekurangan-kekurangan yang ada di dalam tubuh organisasi.

Selain itu juga, identifikasi ancaman-ancaman yang akan terjadi serta kemungkinan terjadi sehingga solusi atau langkah penyelesaian sudah dapat dianalisa mulai dari sekarang juga. Dengan begitu, peluang-peluang perkembangan oragnisasi semakin terbuka dengan lancer tanpa hambatan yang berarti.

Menerapkan Analisis SWOT pada Diri Sendiri

Adapun beberapa langkah dalam melakukan SWOT pada diri sendiri adalah :
  1. Menetapkan tujuan kita dalam beberapa tahun mendatang. 
  2. Mengelompokkan karakter yang berasal dari dalam diri kita 
  3. Mencari unsur-unsur di sekeliling kita yang dapat mempengaruhi diri kita dalam mencapai tujuan
Kehidupan manusia semakin berjalan dari waktu ke waktu, oleh karena itu segera tentukan tujuan hidup kita, apa yang ingin dicapai kedepannya. Contohnya seorang mahasiswa memiliki tujuan untuk menjadi dosen dikemudian hari, maka yang harus dicapai saat ini yaitu wisuda, setelah wisuda yang harus dilakukan lagi adalah melanjutkan magister (S2) begitu seterusnya dengan proses-proses lainnya hingga mencapai tujuannya yaitu menjadi dosen.

Sudahkah anda menentukan tujuan hidup anda saat ini ?

Kenali karakter anda, tak ada siapapun yang lebih kenali diri kita dari pada kita sendiri. Kenali karakter baik dan kurang baik yang ada pada diri kita, dengan mengenali diri kita maka kita lebih mampu melakukan manajemen kehidupan yang optimal.

Tak ada karakter yang salah, hanya bagaimana cara kita menjalankan karakter tersebut untuk menjadi baik dan buruk
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar