Cara Menjumlahkan Angka di Excel Secara Otomatis Tanpa Rumus

Cara Menjumlahkan Angka di Excel Secara Otomatis Tanpa Rumus

Lama tak membuat postingan tentang Cara Microsoft Excel maka pada kesempatan ini saya akan share tentang bagaimana cara melakukan penjumlahan di Microsoft excel tanpa harus menuliskan atau memasukan rumus. Pada Microsoft excel pada dasarnya telah menyediakan fasilitas untuk penjumlahan secara otomatis, namun terkadang orang-orang tak menggunakannya dan hanya menulis rumus penjumlahan ketika menghitung di aplikasi Microsoft Excel.

Manfaat Melakukan Penjumlahan di Excel Tanpa Rumus

1. Pekerjaan lebih menghemat waktu dan cepat selesai

2. Tidak direpotkan dengan mengetik atau mengingat rumus penjumlahan (=sum (x : x) )

3. Dapat digunakan oleh orang yang baru belajar Microsoft Ecxel sekalipun

Cara Mengitung di Excel Secara Otomatis

Sebagai contoh kita akan menghitung jumlah motor dan mobil seperti terlihat pada table berikut secara otomatis :

Penjumlahan di Excel

Silahkan block angka mobil mulai dari nomor 1 sampai ke kolom jumlah, sebeb nanti hasilnya langsung berada tepat di kolom jumlah tersebut. Kemudian klik Auto Sum di bagian kanan atas tampilan excel maka hasil penjumlahan akan muncul Secara Otomatis.

Penjumlahan di Excel

Hal yang sama juga berlaku untuk menjumlahkan motor, lakukan hal yang sama seperti menghitung jumlah mobil di atas. Penjumlahan di Microsoft Excel Secara Otomatis Tanpa Rumus ini berlaku semua arah baik secara vertical maupun horizontal. Silahkan mencoba dan membiasakan hal ini agar lebih memperlancar pekerjaan secara efisisen.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar