Skip to main content

follow us

Satu Pohon Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali

Alam memberikan semua kebutuhan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia. Alasan utama manusia melestarikan alam yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan hidup sebab sebaik-baiknya kehidupan adalah mendiami suatu lingkungan yang optimal.

Mungkin masih banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya keberadaan pohon dalam interaksi ekologi kehidupan sehingga sikap acuh pun semakin terpupuk hingga menumbuhkan paham antroposentris. Sebuah paham dalam kajian lingkungan hidup yang selalu digaungkan. Paham yang menganggap bahwa alam ini diciptakan Tuhan hanya untuk manusia sehingga tindak sesuka hati dan apatis terhadap alam itu sendiri dianggap wajar.

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya apa pentingnya pohon sehingga selalu menjadi pembahasan yang tak kunjung habisnya. Semua makhluk hidup bernapas dengan nikmatnya udara segar merupakan hasil fotosintesi dari pohon itu sendiri yang kemudian mengeluarkan oksigen (O2). Polusi udara yang dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia mulai dari kendaraan bermotor, pabrik dan pembakaran sampah, semuanya diserap oleh pohon yang kemudian diproses (fotosintesis) hingga menjadi oksigen untuk dihirup semua makhluk hidup dalam keberlangsungan kehidupan di muka bumi.

Pohon juga berfungsi sebagai menyimpan air, sebuah proses luar biasa dalam konsep penciptaan Tuhan. Sistem perakaran pohon yang tumbuh dan berkembang membuat pori-pori (ruang) dalam tanah agar menjadi daya tampung air itu sendiri saat terjadi hujan sehingga ketika musim kemarau berlangsung kebutuhan air tetap terpenuhi searah dengan sistem hidrologi yang teratur. Banjir merupakan suatu bencana nyata saat air hujan tidak dapat lagi tersimpan di dalam tanah. Maka sebuah kewajaran yang ilmiah saat menyatakan pohon mengatasi banjir.

Lihat juga : 5 Manfaat Menanam Pohon Bagi Kehidupan

Kesadaran manusia harus selalu disentuh terkait menanam pohon, mulailah dari menanam satu pohon per orang dari pada tidak sama sekali. Dimana harus ditanami pohon ? mulailah dari pekarangan rumah, manfaatkan lahan-lahan kosong milik anda dengan menanam tanaman buah sehingga memberikan multi fungsi, selain penghijauan, tempat berteduh, erosi teratasi, buah dari pohon tersebut juga dapat dimanfaatkan.

Konsep tata ruang wilayah suatu daerah terkait ruang terbuka hijau perlu dimaksimalkan sehingga tata kelola lingkungan hidup yang berkelanjutan dapat terwujud seiring dengan pembangunan serta perkembangan teknologi sebab perkembangan teknologi harus diikuti dengan pengelolaan lingkungan hidup yang baik. Semua itu akan terwujud secara maksimal jika kesadaran individu semakin tercerahkan.

Artikel Terkait:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar