Pengertian Wifi Beserta Fungsinya

Pengertian Wifi Beserta Fungsinya

Saya yakin dan percaya bahwa hampir sebagian besar manusia di bumi ini pasti tidak asing lagi dengan kata Wifi. Apalagi pada zaman perkembangan teknologi seperti sekarang ini, bukan hanya dikalangan orang-orang dewasa tetapi ditingkat anak-anak pun sekarang sudah mengenal istilah wifi sebab banya tersedia game-game online di warnet-warnet atau di rumah sendiri.

Pertanyaan apa pengertian atau apa itu Wifi ?

Hal ini saya pikir layak untuk dapat diketahui khususnya saya sendiri yang juga berusaha untuk mengetahui apa itu wifi, sebab alangka baiknya kalau apa yang kita sering katakan, kita dapat mengetahuinya pengertiannya.

Pengertian Wifi

Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yaitu media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat. Kenapa bisa cepat? Karena media penghantarnya menggunakan sinyal radio yang bekerja pada frekwensi tertentu.

Untuk penggunaan internet, wifi memerlukan sebuah titik akses yang biasa disebut dengan hotspot untuk menghubungkan dan mengontrol antara pengguna wifi dengan jaringan internet pusat. Sebuah hotspot pada umumnya dilengkapi dengan password yang bisa meminimalisasi siapa saja yang bisa menggunakan fasilitas tersebut. Ini sering digunakan oleh warung kopi, swalayan, mall, perkantoran dan masih banyak lagi.

Fungsi Wifi

istilah wifi sudah banyak ketahui oleh masyarakat sebagai media untuk internet saja, namun sebenarnya wifi bisa juga difungsikan sebagai jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti di perusahaan-perusahaan besar, di instansi pemerintahan dan di warnet-warnet. Jaringan nirkabel sendiri sering di istilahkan biasa dengan nama LAN (local area network). Dengan mengfungsikan LAN kita juga dapat mengirim file-file dari komputer satu ke komputer lain dalam satu bangunan. Selain itu dengan LAN kita juga bisa melakukan sering printer agar satu printer dapat dipakai oleh beberapa komputer tanpa harus menghubungkan komputer dengan printer sebab hanya mengfungsikan jaringan LAN tadi. Ingin mencoba sharing printer dan menerapkannya ?

silahkan baca Cara Memakai Satu Printer Bersama Melalui Fasilitas LAN atau WIFI

Fungsi lain dari wifi yaitu lebih portable, artinya kita tidak perlu repot menyediakan kabel penghubung ke hotspot. Sehingga kita dapat lebih cepat dan praktis dalam mentransfer data, namun perlu juga diketahui jarak komputer dari titik akses hotspot juga sangat berpengaruh, semakin jauh anda dari titik akses hotspot maka jaringan atau akses internetnya juga semakin lambat.

Baca juga:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar