Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Laptop/Komputer Secara Detail

Pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang bagaimana cara mudah dan cepat melihat spesifikasi yang di dalamnya termasuk windows edition, processor, memory (RAM), system tipe, serta nama komputer pada laptop atau komputer anda, baik itu milik kita sendiri atau milik teman, saudara dan kenalan kita yang mungkin meminta bantuan kita untuk melihat spesifikasi pada laptop atau komputer mereka.

Dengan melihat dan mengetahui spesifikasi laptop yang kita miliki akan memberikan pengetahuan dan pemahaman kita tentang laptop atau komputer yang kita pakai sehingga kebutuhan-kebutuhan akan berbagai aplikasi dapat kita sesuaikan dalam penggunaannya pada laptop kita. Sebab dengan penggunaan aplikasi atau softwear yang berlebihan atau berkapisitas besar maka akan membuat LALOD ( lama loading) pada laptop kita jika spesifikasi laptop kita tidak memadai.

Apa itu spesifikasi laptop ?

Spesifikasi laptop adalah kemampuan laptop baik perangkat lunak (Softwear) dan perangkat keras (hardwear) dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang diinstal.

Contoh kasus :

Terdapat aplikasi pemetaan ArcGIS yang standar minimal prosesor yang dapat digunakan adalah 2,2 GB, jika kita menggunakan aplikasi tersebut pada laptop dengan prosesor dibawah 2,2 GB maka dalam proses bekerja nanti laptop akan mengalami LALOD, begitu pula sebaliknya jika kita menggunakan prosesor yang lebih besar maka laptop akan lebih ringan saat bekerja. Itulah sebabnya sangat penting kita untuk mengetahui spesifikasi laptop atau komputer kita.

Jika anda ingin mengetahui apa itu ArcGIS silahkan baca : Pengantar ArcGIS

Baik langsung saja ini dia cara cepat dan mudah melihat spesifikasi laptop atau komputer kita :

1. Masuk ke menu windows pada laptop

2. Pilih komputer dan klik kanan

3. Pilih properties

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Laptop

4. Setelah memilih properties maka muncul tampilan spesifikasi laptop atau komputer seperti gambar dibawah :

Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Laptop

Nah itu dia cara mudah dan cepat melihat spesifikasi laptop atau komputer anda, disitu anda dapat melihat spesifikasi anda sehingga anda dapat mengatur dan menyesuaikan setiap aplikasi-aplikasi yang akan digunakan agar lebih efektif dan efisien.

Sekedar saran dari saya :

Jika laptop atau komputer sudah mulai LALOD (lama loading) coba dicek jangan-jangan penggunakan aplikasi di komputer sudah berlebihan, maka salah satu caranya adalah silahkan uninstall/hapus aplikasi lain yang tidak digunakan.

Sekian Share saya kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Laptop/Komputer Secara Detail "