Ato Basahona Share

follow us

Cara Memakai Satu Printer Bersama Melalui Fasilitas LAN atau WIFI

Masih bersama saya Ato Basahona dan pada kesempatan kali ini saya akan Share tentang bagaimana Cara Sharing Printer di Windows Melalui Fasilitas LAN atau WIFI. Artinya satu printer dapat digunakan oleh banyak orang tanpa harus repot menghubungkan kabel USB ke printer tersebut sebab hanya dengan menggunakan jaringan LAN atau WIFI.

Sebelum saya menulis tutorial ini, saya sendiri baru saja mencobanya dan Alhamdulillah berhasil dan sangat membantu karena kita tidak perlu bersusah payah menyambungkan komputer kita ke mesin printer, hanya dengan duduk diam di tempat dan bisa langsung melakukan print sesuai dengan apa yang akan kita print.

Lihat juga :  Cara Instal Printer Epson Tipe L120 Secara Manual

Seperti saya pada hari ini menggunakan printer dengan posisi printer berada di ruangan sebelah, itulah yang saya katakan tidak perlu repot menghubungkan laptop kita ke mesin printer dan yang menariknya lagi siapa saja yang terkoneksi dengan printer tersebut bisa langsung menggunkannya.

Apakah anda tertarik ? Silahkan lanjut membaca caranya di bawah ini :

1. Setting komputer induk

Komputer induk adalah komputer yang terhubung dengan mesin printer, untuk mengaktifkan koneksi pada printer melalui komputer yang saya sebut komputer induk tersebut.

Mulai melakukan setting pada komputer induk :

Masuk ke Advanced sharing settings

Untuk mempermudah pencarian langsung saja melalui search programs and files, Selanjutnya akan muncul tampilan Advanced sharing setting seperti ini :



Perhatikan gambar di bawah, Semua pilihan yang ada,pilihlah Turn On kecuali pada password sharing silahkan dipilih Turn Off saja agar nanti setiap anda mau menghubungkan laptop dengan printer tidak perlu mengisi password, tapi semua terserah anda. Terakhir jangan lupa di Save Changes. 



Selanjutnya silahkan masuk ke Devices and Printers – klik kanan pada Printer yang digunakan – pilih Printer Properties – Sharing – Ok perhatikan gambar dibawah ini : 







Pada tahap ini, settingan pada komputer induk selesai.

2. Settigan pada laptop/komputer yang akan dihubungkan

Pengaturan awal sama seperti langkah 1 di atas yaitu : Semua pilihan yang ada,pilihlah Turn On kecuali pada password sharing silahkan dipilih Turn Off saja agar nanti setiap anda mau menghubungkan laptop dengan printer tidak perlu mengisi password, tapi semua terserah anda. Terakhir jangan lupa di Save Changes.

Selanjutnya Pilih Network dan Pilih Komputer Induk, sekarang anda bisa melakukan printer tanpa USB dan hanya menggunakan fasilitas LAN/WIFI. 



Selamat mencoba dan jika ada pertanyaan silahkan masukan ke kolom komentar dibawah, sekian dari saya, terima kasih.

You Might Also Like :